Pandemi Covid-19 yang merebak di negara-negara, upaya isolasi dan self-distancing pun gencar dilakukan oleh masyarakat. Perusahaan-perusahaan mendorong karyawan untuk bekerja dari rumah (Work from home), sekolah dan perkuliahan di pindahkan online, dan masyarakat semakin menolak untuk pergi ke tempat umum dan kerumun. Namun masyarakat tetap perlu memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan di sinilah Covid-19 berdampak pada e-commerce.
Apa itu E-Commerce?
E-Commerce (Elektronik Commerce)Â atau dalam bahasa indonesia perdagangan secara elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik. E-commerce sendiri sendiri semakin berkembang beberapa tahun belakang ini dan secara perlahan menggantikan toko tradisional (Offline)
Melakukan penjualan via E-commerce adalah pilihan yang tepat karena dengan semakin berkembangnya e-commerce di indonesia, menjadi peluang yang cukup besar bagi bisnis. Selain itu, berjualan lewat e-commerce juga lebih mudah di bandingkan harus membangun website sendiri yang akan membutuhkan waktu lama dan biaya cukup  besar.
E-Commerce di indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet dan juga smarthphone, bisnis e-commerce ini menjadi salah satu platform jual beli yang dapat di andalkan oeleh pemilik bisnis online. Seperti yang anda ketahui, platform e-commerce di indonesia  sudah makin beragam. Melihat semakin banyakanya pemilik bisnis online yang menggunakan platfrom ini, makan dibutuhkan beberapa cara agar bisnis ini dapat bersaing dengan mengembangkan bisnis E-commerce.
Cara Mengembangkan bisnis E-Commerce
Berikut ini merupakan cara mengembangkan bisnis e-commerce di masa pandemi antara lain:
1. Optimalkan Layanan Pelanggan
Kualitas layanan pelanggan bisa mencerminkan seberapa profesional produk tersebut. Tonjolkan layanan pelanggan yang baik untuk  pelanggan setia. Intinya adalah membuat pelanggan merasa istimewa.
Berikan pelayanan pelanggan yang berkualitas seperti: