Mohon tunggu...
Tridany Laksono
Tridany Laksono Mohon Tunggu... -

Belajar Menulis Lewat Menulis

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Perbedan Mesin Sepeda Motor

14 Juni 2015   10:03 Diperbarui: 20 Desember 2015   00:10 327
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Perbedan Mesin Sepeda Motor - Sepeda Motor telah ada selama lebih dari sepuluh dekade. Selama ini, mesin sepeda motor telah dikembangkan melalui tweaker dan pengerjaan ulang untuk mendapatkan performa mesin terbaik. Ada lebih dari satu lusin jenis mesin, tetapi beberapa tidak pernah sukses. Efisiensi biaya dan kepuasan pelanggan menjadi penyebab kegagalan untuk sejumlah mesin sepeda motor.

Semua mesin sepeda motor berbahan bakar oleh bensin. Untuk memahami berbagai jenis mesin, ada baiknya memahami bagaimana mesin sepeda motor bekerja.

Sebuah tiang yang disebut batang engkol di dalam mesin dan menciptakan rancangan yang menarik  bensin dan udara ke ruang yang disebut silinder. Dalam silinder, piston dan batang naik dengan cepat untuk mendorong bensin dan udara ke ruang yang lebih kecil di mana ia bertemu busi. Busi menghasilkan percikan antara potongan dua logam.

Setelah busi mengeluarkan percikan, bensin dan udara meledak. Hal ini mendorong piston turun, yang pada gilirannya mendorong sabuk atau rantai. Tindakan ini disebut torsi. Pergerakan sabuk atau rantai menyebabkan roda belakang sepeda motor berputar. Kinerja Sebuah sepeda motor ditentukan oleh berapa banyak silinder yang di dalam mesin dan bagaimana mereka diatur.

Mesin silinder tunggal

Sebuah mesin silinder tunggal memiliki satu silinder dan satu piston. Mesin silinder tunggal yang digunakan dalam semua sepeda motor off road. Single cylinder menyediakan banyak torsi, tetapi juga beban getaran. Getaran keras dan salah satu kualitas yang penggemar sepeda motor trail balap mendambakan selama perlombaan.

Mesin dua silinder

Logikanya, mesin silinder kembar memiliki dua silinder. Silinder ditempatkan bersama-sama di sudut. Biasanya silinder diposisikan pada sudut 90 derajat, tetapi ada pengecualian untuk standar itu. Sebuah mesin silinder kembar menghasilkan tenaga lebih karena ada lebih torsi dan lebih banyak bahan bakar yang digunakan. Mesin silinder kembar tidak bergetar sebanyak mesin silinder tunggal.

Mesin tiga silinder

Sebuah mesin tiga silinder terdapat tiga silinder termasuk dalam kepala. Jenis mesin menawarkan beban listrik, tetapi juga membutuhkan lebih banyak bagian. Setiap silinder membutuhkan injector bahan bakar tambahan dan karburator. Semakin banyak silinder disertakan pada mesin, semakin tinggi RPM mesin. RPM lebih berarti lebih banyak kekuatan.

Mesin empat silinder

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun