Perbedan Mesin Sepeda Motor - Sepeda Motor telah ada selama lebih dari sepuluh dekade. Selama ini, mesin sepeda motor telah dikembangkan melalui tweaker dan pengerjaan ulang untuk mendapatkan performa mesin terbaik. Ada lebih dari satu lusin jenis mesin, tetapi beberapa tidak pernah sukses. Efisiensi biaya dan kepuasan pelanggan menjadi penyebab kegagalan untuk sejumlah mesin sepeda motor.
Semua mesin sepeda motor berbahan bakar oleh bensin. Untuk memahami berbagai jenis mesin, ada baiknya memahami bagaimana mesin sepeda motor bekerja.
Sebuah tiang yang disebut batang engkol di dalam mesin dan menciptakan rancangan yang menarik bensin dan udara ke ruang yang disebut silinder. Dalam silinder, piston dan batang naik dengan cepat untuk mendorong bensin dan udara ke ruang yang lebih kecil di mana ia bertemu busi. Busi menghasilkan percikan antara potongan dua logam.
Setelah busi mengeluarkan percikan, bensin dan udara meledak. Hal ini mendorong piston turun, yang pada gilirannya mendorong sabuk atau rantai. Tindakan ini disebut torsi. Pergerakan sabuk atau rantai menyebabkan roda belakang sepeda motor berputar. Kinerja Sebuah sepeda motor ditentukan oleh berapa banyak silinder yang di dalam mesin dan bagaimana mereka diatur.
Mesin silinder tunggal
Sebuah mesin silinder tunggal memiliki satu silinder dan satu piston. Mesin silinder tunggal yang digunakan dalam semua sepeda motor off road. Single cylinder menyediakan banyak torsi, tetapi juga beban getaran. Getaran keras dan salah satu kualitas yang penggemar sepeda motor trail balap mendambakan selama perlombaan.
Mesin dua silinder
Logikanya, mesin silinder kembar memiliki dua silinder. Silinder ditempatkan bersama-sama di sudut. Biasanya silinder diposisikan pada sudut 90 derajat, tetapi ada pengecualian untuk standar itu. Sebuah mesin silinder kembar menghasilkan tenaga lebih karena ada lebih torsi dan lebih banyak bahan bakar yang digunakan. Mesin silinder kembar tidak bergetar sebanyak mesin silinder tunggal.
Mesin tiga silinder
Sebuah mesin tiga silinder terdapat tiga silinder termasuk dalam kepala. Jenis mesin menawarkan beban listrik, tetapi juga membutuhkan lebih banyak bagian. Setiap silinder membutuhkan injector bahan bakar tambahan dan karburator. Semakin banyak silinder disertakan pada mesin, semakin tinggi RPM mesin. RPM lebih berarti lebih banyak kekuatan.
Mesin empat silinder