Mohon tunggu...
tri damayanti
tri damayanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Modul 1.1 Penerapan Pemikiran Ki Hajar Dewantara

6 September 2023   07:59 Diperbarui: 6 September 2023   08:02 18808
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Murid mengerjakan asesmen diagnostik (dok. pribadi)


Aksi Nyata Modul 1.1- Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Sekolah

Perasaan selama melakukan perubahan di kelas yaitu saya merasakan adanya perubahan dalam pembelajaran. Dengan menerapkan sistem among maka mampu menumbuhkan dan mengembangkan kekuatan kodrat murid agar dapat mewujudkan murid yang merdeka. Dalam hal ini guru merancang pembelajaran yang berpihak kepada murid, dimana pembelajaran dirancang berdasarkan kebutuhan, cara belajar dan kesiapan dari murid itu sendiri.

Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan yaitu merancang pembelajaran yang berpihak kepada murid. Pembelajaran yang saya rancang dimulai dengan melakukan kegiatan tanya jawabkaitannya dengan kesiapan belajar, yang selanjutnya dijadikan landasan dalam merancang pembelajaran. Selain itu juga saya melakukan asesmen diagnostik untuk mengetahui gaya belajar, karakter, serta minat siswa dan mengidentifikasi kompetensi siswa.

Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik yang saya lakukan yaitu Saya berkolaborasi dengan teman sejawat untuk berdiskusi menyiapkan perangkat pembelajaran serta mempersiapkan lingkungan belajar yang nyaman. Pada kegiatan pembelajaran saya menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk bahan ajar dan LKPD untuk memudahkan murid dalam memperoleh bahan pembelajaran sehingga murid lebih mudah untuk memahami tujuan pembelajaran.

Rangkaian pelaksanaan (perencanaan, penerapan dan refleksi) aksi. Saya Berkolaborasi bersama teman sejawat untuk dapat menyusun materi pembelajaran yang dapat menuntun peserta didik agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar yaitu dapat memahami pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari hari. Saya menyusun beberapa pertanyaan dengan pemantik yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Selain itu  saya juga menyiapkan LKPD dan bahan ajar yang isi materinya pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari hari. 

Berkolaborasi bersama teman sejawat untuk dapat menyusun materi pembelajaran (dok. pribadi)
Berkolaborasi bersama teman sejawat untuk dapat menyusun materi pembelajaran (dok. pribadi)

Guru memberikan pertanyaan dengan pemantik (dok. pribadi)
Guru memberikan pertanyaan dengan pemantik (dok. pribadi)

Murid berdiskusi mengerjakan LKPD (dok. pribadi)
Murid berdiskusi mengerjakan LKPD (dok. pribadi)

Murid mempresentasikan hasil kerja kelompok (dok. pribadi)
Murid mempresentasikan hasil kerja kelompok (dok. pribadi)

Kegiatan pembelajaran diawali dengan tanya jawab terkait pengetahuan murid tentang pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah. LKPD dan bahan ajar dipelajari oleh murid secara berkelompok. Melalui kegiatan berdiskusi murid belajar saling menghargai antar sesama dan melatih sikap percaya diri pada saat mempresentasikan hasil kerja kelompok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun