ngobrol di warung kopi
nyentil sana dan sini
sekedar suara rakyat kecil
bukannya malah usil
Penggalan lirik dari lagu yang dipopulerkan oleh grup lawak Warkop DKI tersebut menggambarkan budaya nongkrong dan minum kopi masyarakat Indonesia. Kebiasaan minum kopi ini tak hanya dilakukan di rumah saja, namun kerap bergeser ke tempat lain seperti warung kopi bahkan kedai-kedai kopi modern yang biasa di sebut coffee shop.
Tarik mundur 5 tahun ke belakang, ada berapa kedai kopi atau coffee shop di daerah rumah kalian? Satu? Dua? Atau sepertinya tidak ada? Lalu bandingkan dengan sekarang. Dalam 5 tahun terakhir pertumbuhan kedai kopi meningkat pesat. Melansir dari voi.id, "hasil riset Toffin perusahaan penyedia solusi bisnis berupa barang dan jasa di industri HOREKA (hotel, restoran, dan kafe di Indonesia, menunjukkan jumlah kedai kopi di Indonesia pada Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun 2016 yang hanya sekitar 1.000 gerai."
Kalo menurut anabel alias analisa gembel saya sih, tren tersebut ya gara-gara film Filosofi Kopi hehe.
Menengok perkembangan dari fenomena yang sangat menarik ini, dulu minum kopi hanya dengan menyeduh kopi bubuk dengan air panas saja, lalu muncul kebiasaan menikmati kopi sambil bercengkrama di warung kopi. Kini, kebiasaan tersebut telah naik tingkat, dengan menyesap sajian kopi yang diracik oleh barista di coffee shop.Â
Sekarang ini kopi mulai memasuki era gelombang keempat, di mana kopi dianggap layaknya wine dan orang-orang mulai peduli dengan kisah di baliknya. Seperti salah satu adegan di film Ada Apa Dengan Cinta 2, saat Rangga terus-menerus ditanyai dan diajak ngobrol oleh seorang barista mengenai kopi dan cerita di balik kopi tersebut. Tempat tersebut adalah Klinik Kopi. Bagi para pecinta kopi khususnya di Jogja, Klinik Kopi bukanlah tempat yang asing. Memberi kesan intim kepada pelanggan yang datang.
Tidak hanya sebagai tempat ngopi dan nongkrong saja, banyak dari kedai kopi saat ini menawarkan fasilitas working space dengan suasana yang nyaman dan tenang sehingga pelanggan betah berlama-lama di kedai tersebut. Tentu dengan memesan makanan dan minuman ya, tidak hanya numpang tempat. Hehe
Tidak dapat dipungkiri, kedai kopi menjadi tempat bertukar dan menemukan hal baru. Kegemaran minum kopi di kalangan anak muda menjadi budaya pop saat ini.