Hallyu adalah sebutan lain dari Korean Wave(Gelombang Korea) yang telah terjadi diberbagai belahan dunia. Istilah Hallyu sendiri pertama kali muncul pada media cetak Tiongkok, Beijing Youth Daily, pada surat kabar harian tersebut dijelaskan bahwa Hallyu adalah gambaran dari kebudayaan dan gaya hidup korea selatan karena meledaknya budayaPop korea selatan pada masa itu. Hal ini juga memancing masyarakaat luas untuk mempelajari bahasa dan budaya korea selatan, selain musik popnya Hallyu juga dapat merujuk pada produk dari korea selatan lainnya seperti kuliner, tempat wisata, fashion,make up, film, hingga musik.
Dari sekian banyaknya produk Hallyu, K-Pop adalah yang paling berdampak pada korea selatan. Walaupun K-Drama dan K-Movie korea juga mendapat perhatian dari masyarakat internasional, namun K-Pop lah yag paling banyak memiliki banyak penggemar dan peminat. Penggemar K-Pop (K-Popers) berasal dari berbagai kalangan dan usia , mereka tidak segan mengeluarkan banyak uang untuk hanya sekedar membeli mercendhes dari idol favoritnya. Pada saat ini banyak grup-grup yang sedang menjadi favorit penggeramar seperti BTS, BLACK PINK,ITZY, AESPA, TOMORROW BY TOGETHER dan masih banyak lagi.
Berkembangnya Hallyu didunia internasional tidak lepas dari penggunaan teknologi yang tepat guna juga, salah satu teknologi yang gunakan untuk mendukung trend ini adalah teknologi audiovisual. Teknologi audiovisual merupakan penggabungan dari teks, gambar, musik, dan vidio dalam satu karya. Audiovisual berguna untuk merangsang dan membangkitkan indera pendengaran dan penglihatan secara bersamaan. Salah satu prouduk auduoviual adalah MV (Music Vidio), MV merupakan sebuah vidio yang berisikan pendiskripsian atau penggambaran dari sebuah lagu agar penonton dapat mendengarkan sekaligus merasakan emosi atau pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah lagu.
Salah satu media yang paling banyak digunakan untuk pendistribusian MV K-Pop adalah Youtube. Youtube merupakan platform yang mendukung penuh karya hasil dari teknologi audiovisual. Youtube juga platform yang mudah diakses dan dijangkau oleh semua kalangan dan usia, oleh karena itu tidak heran banyak idol grup yang melakukan promosi dan interaksi secara tidak langsung dengan penggermar lewat youtube malalui MV mereka yang luar biasa. Pada saat ini pemegang viewers youtube terbanyak alah PSY dengan lagu “Gangnam Style” dengan jumlah penonton mencapai lebih dari 4miliar.
Selain PSY, idol lain berprestasi diyoutube adalah BTS. Meskipun bukan pemegang penonton terbanyak, namun MV-MV BTS mampu mencetak rekor-rekor baru. Seperti MV dengan jumlah penonton terbanyak dalam 24 jam yaitu mencapai 101 juta dengan lagu “Butter”, selain itu rata-rata jumlah penonton MV BTS mencapai 50-100 juta untuk setiap MV nya. Tidak heran artis dari BigHit Music ini merupakan salah satu idol yang sukses diplatform youtube maupaun diplatform lain.
Dari fakta diatas membuktikan bahwa produsen dikorea selatan sangat memanfaatkan teknologi audiovisual dengan sangat baik dan maksimal, mereka rela merogoh kocek yang dalam hanya untuk seubuah MV berdurasi kurang dari 5 menit untuk menciptakan suatu karya yang berkulitas tinggi dan dapat dinikmati audio, visual dan pesan yang ingin disampaikan secara bersamaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H