e-Commerce atau online shop adalah electronic commerce atau e-commerce adalah bentuk perdagangan elektronik yang melibatkan kegiatan seperti penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa yang mengandalkan sistem elektronik melalui jaringan internet. Dimana sistem belanja secara online membantu pembeli melakukan pembelian secara daring, dengan kemajuan internet ini pembeli/konsumen tidak hanya bisa melakukan pembelian atau pemesanan barang secara online tetapi juga pembayaran, melainkan juga melakukan transaksi, dan melihat review produk, mengetahui kredibilitas suatu toko dan batang. Dimana dengan kemajuan teknologi sekarang ini penjual maupun pembeli tidak perlu bertemu dan lebih praktis.
Terlihat dari perubahan zaman yang semakin maju sehingga mempengaruhi sistem perdagangan yang kini semakin melesat, sehingga memunculkan berbagai platform belanja online salah satunya adalah Shopee yang merupakan platform belanja online terdepan di Asia Tenggara. Serta diluncurkan pada tahun 2015, Shopee termasuk sebuah platform yang disesuaikan untuk tiap wilayah yang menyediakan pengalaman berbelanja online dengan mudah, aman, dan cepat bagi pelanggan atau konsumen melalui dukungan pembayaran dan logistik yang kuat.
Tidak heran dengan sistemnya yang sangat mudah dan terjangkau membuat banyak masyarakat tertarik menggunakan shopee dari mulai kalangan remaja hingga orang tua, yang relasinya sangat banyak sehingga mampu memberikan ajakan dengan mudah terhadap yang lainnya. Seperti salah satu pengguna online shop pada shopee yang bernama Sara, dia merupakan salah satu anak remaja yang sudah mulai menyukai berbelanja pada online shop. Dengan alasan lebih simpel saat berbelanja dan dengan harganya yang terjangkau untuk saku anak remaja.
Namun tetap saja saat kita akan melakukan pembelian online, harus tetap waspada karena tidak menutup kemungkinan yang terjadi, seperti keterlambatan kedatangan, lambatnya balasan chat dari admin toko, barangnya bagus namun alamat jaraknya yang cukup jauh dan bahkan bisa sampai tidak sesuainya barang yang di pesan atau bisa disebut penipuan. Oleh karena itu, akan ada banyak hal yang terjadi pada saat melakukan pembelian online maka kita sebagai pembeli harus pintar dan teliti ketika akan melakukan pembelian online.
Pada tanggal 13 April tahun 2022 berlokasi di Nagreg, Kabupaten Bandung, pada saat itu bulan Suci Ramadhan, yang dimana biasanya menjadi sasaran orang-orang untuk berbelanja menjelang Hari Raya Idul Fitri apalagi dengan adanya platform online shop pada Shopee yang bisa membeli barang dengan cara di pesan sesuai tanggal setelah itu kita tinggal menunggu barang tersebut dateng ke rumah. Sama hal dengan yang dilakukan Sara dimana dia melakukan pembelian baju abaya yang bernuansa muslimah dengan bertujuan untuk di pakai saat Hari Raya Idul Fitri.Â
Sara membeli baju abaya di salah satu toko yang ada di Shopee yaitu toko Kenangan Jaya tidak terlepas dari itu seperti biasa dia melihat review dan komentarnya terlebih dahulu agar mudah meyakinkan bahwa toko tersebut aman. Setelah melakukan review akhirnya Sara memutuskan untuk membeli baju abaya di toko Kenangan Jaya dengan harga Rp.170.000 dan pemesanan pada tanggal 13 April 2022 dengan melalui pembayaran via transfer, setelah beberapa hari kemudian pada tanggal 29 April 2022 dimana dua hari menjelang Har Raya Idul Fitri paket baju abaya yang di pesan oleh Sara itu dateng ke rumah. Pada saat Sara menerima paket Sara merasa sangat senang dan berekspektasi tinggi terhadap paket yang di pesannya, tidak lama dari itu akhirnya Sara langsung bergegas mencari alat untuk membuka paket, pada saat paket terbuka wajah Sara terlihat sangat kaget dan kebingungan ternyata pesanannya tidak sesuai dengan yang di pesan yang harusnya datang itu adalah paket baju abaya namun yang diterima Sara adalah kolor bekas yang sudah kotor.Â
Pada saat itu "saya merasa sangat kecewa dan hampir menangis karena pertama kalinya mengalami penipuan" ucap Sara, tetapi tidak berlama-lama Sara langsung bergegas menghubungi admin dari toko yang dia pesan namun setelah menunggu beberapa lama tidak ada balasan dari admin atau toko tersebut akhirnya Sara langsung memberikan chat pemberitahuan kepada Shopee terhadap toko penipuan yang dilakukan oleh toko Kenangan Jaya akhirnya dengan cepat dari pihak Shopee pun langsung memblokir atau memperingati toko tersebut.
Karena kejadian itu membuat Sara merasa lalai dalam memilih toko yang terpercaya dan tidaknya dalam penjualan, akhirnya Sara merelakan dan mengikhlaskan apa yang sudah terjadi karena setelah melakukan berbagai cara untuk menghubungi toko tersebut sudah tidak ada respon sama sekali. Setelah kejadian tersebut akhirnya Sara mengerti bahwa harus tetap hati-hati saat melakukan pembelian online karena tidak menutup kemungkinan akan adanya hal-hal negatif seperti penipuan yang bisa dilakukan kepada Sara.Â
Dari kejadian tersebut menjadi pembelajaran dan pengalaman bagi Sara, bahwa harus tetap hari-hati dan teliti kembali saat akan melakukan pembelian barang lewat online shop, harus dilihat lebih jelas pada toko yang akan dituju supaya tidak terjadi lagi hal penipuan terhadap pemesanan barang. Karena dari pihak penjual tentu saja tidak akan merespon ketika kita mengajukan keluhan karena dari keuangan sudah diterima penjual sehingga mereka akan merasa untung.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H