Mohon tunggu...
Triana Nurhalizah
Triana Nurhalizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Upaya Meningkatkan Pemahaman Digital Marketing pada Program KUBE di Desa Tegalurung Indramayu

15 Oktober 2021   12:54 Diperbarui: 15 Oktober 2021   13:19 415
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bersama Ibu Lestari Ketua Humas KUBE desa Tegalurung Indramayu/Dokpri

Saat ini Media yang digunakan sebagai sarana promosi yang paling berkembang adalah Media Sosial. Media sosial merupakan alat atau sarana komunikasi bagi para pengguna dengan mudah untuk berpartisipasi, berbagi, membentuk jejaring sosial, membuat blog, forum dan lain sebagainya (Saragih dan Ramadhany, 2012) dalam (Cahyono, 2016). Masyarakat yang memiliki usaha memanfaatkan peluang media sosial untuk mempromosikan produk yang dijualnya. 

Perkembangan media sosial saat ini memang sudah sangat pesat, dikarenakan banyak kemudahan yang dimiliki saat menggunakan media sosial. 

Selain itu juga waktu yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online pun sangat efisien, maka tidak salah jika masyarakat lebih memilih berebelanja melalui media sosial dibandingan harus bertemu langsung ditempat penjual.

Melihat keadaan di Indonesia saat ini yang secara tidak langsung mengharuskan masyarakatnya paham tentang cara penggunaan media digital terutama media sosial, tidak heran jika banyak ditemukan sebagian masyarakat yang memilih berkomunikasi melalui media sosial termasuk dalam melakukan transaksi jual beli. 

Saat ini telah berekembang sangat pesat fungsi media sosial sebagai media dalam penjualan suatu produk atau bisa disebut perbisnisan. 

Banyak masyarakat Indonesia saat ini yang memilih berbelanja melalui media sosial atau online shop dibandingkan harus bertemu langsung tatap muka dengan pembeli. 

Hal ini karena ke efektifan dan ke efisiensian dalam proses transaksi jual beli, hanya dengan membuka media sosial seperti Shopee atau Fecebook kemudian cari produk yang ingin kita beli dan langsung melakukan transaksi seperti melalui m-banking atau dana. Selain itu juga jual beli online ini sangat membantu masyarakat yang jauh dari tempat barang yang di inginkan. 

Tetapi berdasarkan fakta yang sering ditemukan masih banyak juga masyarakat yang belum mengenal cara menggunakan media digital termasuk media sosial. 

Permasalahan ini dapat mempengaruhi kemajuan suatu daerah tersebut, karena kemajuan suatu daerah salah satunya yaitu masyarakat daerah tersebut sebagian besar harus melek teknologi.  

Melek Teknologi disini diartikan masyarakat paham mengenai teknologi terutama media digital serta mengetahui cara penggunaan dan dampak positif negatif bagi pengguna media digital tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun