Mohon tunggu...
Triana Fadillah
Triana Fadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog Pribadi

Hallo!!

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Belajar Bahasa Ngapak yuh

12 Desember 2022   22:47 Diperbarui: 12 Desember 2022   23:00 3092
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Hallo semua, di artikel kali ini saya ingin membagikan beberapa kosakata dalam bahasa Jawa ngapak. So, let's go!!!

Saya makan nasi di rumah sama nenek (Enyong madang sega neng umah karo mbaeh)

  • Saya = enyong
  • Makan = Madang 
  • Nasi = Sega 
  • Di = neng
  • Rumah = umah 
  • Sama = karo 
  • Nenek = mbaeh 

Saya membeli jajan di warung sebelah rumah Feli (enyong tuku jajan neng warung sebelah umaeh Feli)

  • Saya = enyong 
  • Membeli = tuku 
  • Di = neng 
  • Rumah = umaeh 

Lebaran besok bapak membelikan baju baru untuk saya dari Jakarta (Bada ngesuk bapake nukokna klambi anyar nggo nyong sekan Jakarta)

  • lebaran = Bada
  • besok = ngesuk
  • bapak = bapake
  • membelikan  = nukokna 
  • baju = klambi
  • baru = anyar
  • untuk = nggo
  • saya = enyong
  • dari = sekan 

Hpnya teman saya bisa dipakai untuk melihat Tiktok lama (Hpne batire bisa nggo ndeleng tiktok sue )

  • Hpnya = hpne
  • teman = batire/batir
  • saya = enyong
  • bisa = bisa
  • dipakai = dinggo
  • untuk = nggo
  • melihat = ndeleng
  • lama  = sue

Kurma yang dikasih bu Karmi enak banget (Kurma sing diwei bu Karmi enak banget)

  • yang = sing 
  • dikasih = diwei 

Nasi goreng yang di depan sekolahan itu murah, enak dan isinya banyak (Sega goreng nang ngarep sekolahan kae murah, enak trus isine akeh)

  • Nasi goreng = sega goreng
  • yang = sing 
  • di depan = nang ngarep
  • sekolahan itu  = sekolahan kae 
  • dan isinya banyak = trus isine akeh

Aku mau beli Ipad tapi uangnya belum ada (Nyong pengin tuku Ipad tapi duite urung ana)

  • Aku = enyong 
  • mau = arep 
  • beli = tuku 
  • tapi = tapi 
  • uangnya = duite 
  • belum ada = urung ana

Besok aku kondangan ke teman SMP (Ngesuk nyong kondangan maring batir SMP)

  • Besok = ngesuk
  • aku = enyong 
  • kondangan = kondangan
  • ke teman SMP = maring batir SMP

Hari selasa mamahku nyayur daun Singkong dan nyambel terasi (Dina slasa mamake njangan godong budin karo nyambel trasi)

  • Hari selasa = dina slasa
  • mamahku = mamaku
  • nyayur = njangan
  • daun = godong 
  • Singkong = budin 
  • dan nyambel terasi = karo nyambel trasi

Okey sekian dulu ya ges belajar kosakata ngapaknya, hehe. 

Yuk tulis dikolom komen mau kata atau kalimat apalagi nih yang mau di artiin ke basa ngapak?

Semoga bermanfaat:)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun