Mohon tunggu...
Tria RizkyRosmalia
Tria RizkyRosmalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNESA

Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya,jurusan manajemen prodi S1 bisnis digital

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menggali Potensi E-Commerce B2C: Kontribusi Program Studi Bisnis Digital dalam Meningkatkan Pengalaman dan Kepuasan Konsumen

4 Juni 2023   12:11 Diperbarui: 4 Juni 2023   12:24 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Era digital telah mengubah cara kita berbelanja secara dramatis....

Dalam beberapa tahun terakhir, E-Commerce B2C (Business to Consumer) telah menjadi tren yang tak terbendung di dunia bisnis. Melalui platform online, konsumen dapat dengan mudah membeli produk atau layanan dari kenyamanan rumah mereka sendiri.Sehingga kalian tidak akan asing lagi dengan banyaknya aplikasi e commerce yang menawarkan banyak kelebihannya. Dalam konteks ini, Program Studi Bisnis Digital memainkan peran penting dalam meningkatkan pengalaman dan kepuasan konsumen dalam e-commerce B2C. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi potensi yang dapat digali dari e-commerce B2C dan kontribusi yang dapat diberikan oleh Program Studi Bisnis Digital.

Salah satu keuntungan utama dari e-commerce B2C adalah kemudahan yang ditawarkannya bagi konsumen. Dengan beberapa kali klik, mereka dapat menjelajahi berbagai produk dengan penelusuran barang maupun menggunakan sistem filter(filter lokasi, harga,rating,Tipe penjual, metode pembayaran hingga promo yang ditawarkan), membandingkan harga, dan melakukan pembelian.

Program Studi Bisnis Digital membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan mengelola platform e-commerce yang mudah digunakan. Mahasiswa belajar tentang desain antarmuka pengguna (UX/UI Design), pengalaman pengguna, dan optimasi situs web untuk memastikan konsumen memiliki pengalaman yang mulus saat berbelanja online.

Selain pengalaman konsumen, Kepuasan konsumen merupakan faktor penting dalam kesuksesan e-commerce B2C. Ketika konsumen merasa puas dengan pengalaman berbelanja mereka, mereka cenderung kembali untuk melakukan pembelian lebih lanjut dan merekomendasikan platform e-commerce kepada orang lain. 

Oleh karena itu, Program Studi Bisnis Digital juga mengajarkan mahasiswanya tentang strategi pemasaran digital yang efektif. Dalam konteks e-commerce B2C, pemasaran digital memainkan peran yang sangat penting dalam menarik konsumen dan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka. Melalui pengetahuan yang diperoleh dari program studi ini, mahasiswa dapat mengembangkan strategi pemasaran yang canggih, termasuk penggunaan media sosial, optimasi mesin pencari, dan kampanye email. Dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital yang tepat, platform e-commerce dapat mencapai konsumen potensial dengan lebih efektif dan meningkatkan kepuasan konsumen.

Selain itu, Program Studi Bisnis Digital juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang analisis data. Dalam e-commerce B2C, data dapat menjadi aset berharga yang dapat membantu bisnis memahami perilaku konsumen dan mengoptimalkan pengalaman mereka. Melalui analisis data yang efektif, mahasiswa dapat mengidentifikasi tren dan pola perilaku konsumen, melakukan segmentasi pasar, dan memberikan rekomendasi yang relevan. Hal ini akan membantu bisnis dalam merancang strategi penjualan yang lebih baik, mempersonalisasi rekomendasi produk, dan memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan preferensi individu konsumen.

Terakhir, Program Studi Bisnis Digital juga memperkenalkan mahasiswanya dengan konsep e-commerce yang inovatif seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Dengan menggunakan teknologi ini, bisnis dapat memberikan pengalaman belanja yang lebih imersif dan interaktif kepada konsumen. Misalnya, konsumen dapat memilih dan mencoba pakaian secara virtual tanpa harus pergi ke ruang ganti terlebih dahulu. Selain lebih efektif hal ini juga mengurangi kerusakan pada produk yang ingin dibeli 

Pada Intinya Program Bisnis Digital memiliki peran yang krusial dalam mengembangkan E-Commerce  terutama pada B2C (Business to Customer) di era digital ini, karena pada Program Studi ini mahasiswa akan diarahkan untuk mengelola digital ke dalam bisnis atau bisnis ke dalam digital. Jadi tidak hanya pembelajaran mengenai bisnis yang didapatkan tetapi juga digitalisasi nya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun