Menyusun Cerita Praktik Baik ( Best Practice) Menggunakan Metode STAR ( Situasi,Tantangan, aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi : SDN 66 Singkawang
Lingkup Pendidikan : Sekolah Dasar
Tujuan Yang Ingin Dicapai : Meningkatkan Minat Belajar dengan Memanfaatkan Model pembelajaran PBL
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah : Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman di kelas VI Â yang saya ampu di SD Negeri 66 Singkawang, yaitu :
Masih rendahnya penguasaan siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru, sehingga hasil belajar siswa banyak yang belum tuntas. Guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran dan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran, sehingga minat belajar peserta didik masih rendah untuk mengikuti kegiatan pembelajaran . Guru belum terbiasa menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, guru lebih sering menggunakan metode ceramah karena menganggap metode ceramah adalah metode yang paling efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran.Berdasarkan permasalahan tersebut, alternatif solusi yang akan digunakan adalah model Problem Based Learning. Karena dengan model pembelajaran ini melibatkan peserta didik untuk berdiskusi, berpikir kritis, mandiri, dan memecahkan masalah yang mereka hadapi, dan dapat memicu motivasi dan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga mereka dapat mengingat materi dengan mudah dan mendapatkan hasil belajar yang baik
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan : Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena  diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi teman sejawat sehingga dapat memotivasi dalam meningkatkan kompetensi diri dan kemampuan mengajar.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:
Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif sesuai dengan langkah-langkah yang sudah disusun, di kelas yang saya ajar, dengan menggunakan media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Peserta Didik
Beberapa siswa masih terlihat malu untuk menyampaikan pendapat.
Siswa belum terbiasa dalam melakukan presentasi.
Beberapa siswa masih belum percaya diri ketika menjawab pertanyaan dari guru.
Guru
Guru belum hapal sintak model pembelajaran PBL
Â
Siapa saja yang terlibat :
Adapun pihak yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu kepala sekolah, rekan guru, pengawas, dan pakar sebagai narasumber saat penentuan penyebab masalah sampai dengan penentuan solusi dan memberikan motivasi. Dosen pembimbing dan guru pamong membantu dalam membimbing penyusunan perangkat pembelajaran, memberikan masukan dan saran terhadap praktik pembelajaran. Serta siswa yang terlibat langsung sebagai subjek penelitian dalam praktik pembelajaran ini
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi        Â
Tantangan-tantangan tersebut adalah sebagai berikut :
Beberapa siswa masih terlihat malu untuk menyampaikan pendapat, hanya beberapa siswa saja yang berani dalam menyampaikan pendapatnya. Langkah yang dilakukan yaitu dengan membimbing siswa untuk aktif dalam kerja kelompok, serta memberikan kesempatan kepada siswa yang malu berpendapat untuk mengemukakan pendapatnya dengan cara menunjuk siswa tersebut.Siswa belum terbiasa dalam melakukan presentasi. Langkah yang dilakukan yaitu siswa diberikan penjelasan bagaimana cara melakukan presentasi, dan diberikan contoh kalimat yang harus disampaikan ketika presentasi. Serta memberikan apresiasi pada presentasi yang dilakukan oleh siswa meskipun belum lancar.Beberapa siswa masih belum percaya diri ketika menjawab pertanyaan dari guru. Langkah yang dilakukan yaitu guru memotivasi siswa untuk berani menjawab pertanyaan. Jawaban apapun yang disampaikan oleh siswa tetap dihargai walaupun jawabannya belum tepat.Saya sudah mempelajari dan menghapal sintak-sintak model pembelajaran Problem Based Learning sebelum melaksanakan proses pembelajaran di kelas
Strategi apa yang digunakan
Strategi yang saya gunakan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa. Model pembelajaran yang saya pilih yaitu model Problem Based Learning (PBL). Menggunakan model Problem Based Learning yang diharapkan mampu merangsang peserta didik melakukan pemecahan masalah. Dimana kelebihan model ini adalah:
Pembelajaran berpusat pada peserta didik
Peserta didik dilatih untuk selalu berpikir kritis dan terampil dalam menyelesaikan suatu permasalahan
Dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dikelas.
Peserta didik terbiasa untuk belajar dari sumber yang relevan.
Kegiatan pembelajaran berjalan lebih kondusif dan efektif karena peserta didiknya dituntut untuk aktif
Kegiatan pembelajaran berjalan lebih kondusif dan efektif karena peserta didiknya dituntut untuk aktif
Bagaimana prosesnya
Proses yang dilaksanakan yaitu dengan merancang pembelajaran yang aktif dan menyenangkan,                          menyiapkan          metode pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada siswa, serta menyediakan media pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini saya melakukan Sintaks Model pembelajaran Problem Based Learning, yaitu :
Mengorientasi peserta didik pada masalah.
Mengorganisasikan peserta didik
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Siapa saja yang terlibat
Pihak yang terlibat dalam praktik pembelajaran yaitu :
Guru, terlibat  dalam  mempersiapkan  segalas esuatu yang berhubungan dengan praktik pembelajaran serta mengkondisikan siswa.
Rekan guru/kolaborator, terlibat dalam mengamati jalannya pelaksanaan praktik pembelajaran yang dilakukan.
Kameramen, terlibat dalam hal dokumentasi pengambilan video praktik pembelajaran yang dilaksanakan.
Siswa, terlibat sebagai subjek penelitian
Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :
Sumber daya berupa infokus dan listrik di sekolah sudah tersedia walaupun akses internet belum maksimal.
LKPD sudah disiapkan oleh guru
Buku pelajaran sudah dimiliki siswa masing -- masing.
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah- langkah yang dilakukan?
Dampak AksiÂ
Dampak dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang sudah saya laksanakan adalah dapat membuat peserta didik termotivasi hal itu tampak saat siswa berdiskusi dan bekerjasama dalam memecahkan suatu permasalahan secara aktif. Selain itu, penggunaan media berbasis TPACK yang ditayangkan melalui powerpoint, serta mengamati video pembelajaran membuat peserta didik lebih bersemangat dan tidak mudah jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran, serta dapat memusatkan konsentrasi belajar siswa.
Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Hasil yang didapatkan selama proses pembelajaran adalah sangat efektif, dapat dilihat dari peserta didik dapat dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada LKPD juga peserta didik dapat merincikan perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan
Â
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan
Respon dari kepala sekolah dan rekan guru sangat baik terhadap penerapan solusi terpilih dalam masalah siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Kepala sekolah dan guru berpendapat bahwa praktik pembelajaran memberikan dampak positif bagi siswa maupun sekolah
Siswa merasa senang ketika saya menampilkan media pembelajaran yang menggunakan aplikasi canva serta video pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak monoton
Siswa merasa pembelajaran menjadi menyenangkan karena terlibat langsung dan merasakan sendiri prosesnya dalam kegiatan pembelajaran
Apa yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan?
Â
Faktor yang menunjukkan bahwa model pembelajaran yang telah dilakukan berhasil adalah dengan pemahaman peserta didik dalam belajar dan hasil belajar yang di atas KKM, ditunjukkan juga dengan meningkatnya hasil penilaian keterampilan, hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, dengan Model Problem Based Learning yang dipadukan dengan pembelajaran berbasis TPACK akan meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik.
Â
Hal penting apa yang didapat dari keseluruhan proses pembelajaran yang dilakukan
Pembelajaran dari keseluruhan proses yang didapat adalah guru harus menyesuaikan dan mempersiapkan model, metode, serta media pembelajaran yang akan digunakan secara
matang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H