Mohon tunggu...
Tri Ramadani
Tri Ramadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwa

Saya hobi menulis dan saya sedang mencoba untuk terjun untuk menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman PPL sebagai Asisten Peneliti

7 September 2024   07:01 Diperbarui: 7 September 2024   07:07 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dari 08 Juli sampai 20 Agustus 2024, saya mengambil kesempatan magang sebagai Asisten Peneliti yang dibimbing langsung oleh Dosennya. Magang ini dilakukan sebagai bagian dari program studi Sastra Inggris di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati dengan tujuan untuk memberikan pengalaman praktis dalam penelitian akademis di bidang Pendidikan. 

Program ini dirancang untuk mempersiapkan saya yang sebagai mahasiswa agar lebih memahami proses penelitian secara langsung, mulai dari tahap perencanaan hingga pelaporan hasil penelitian. Fokus utama dari penelitian ini adalah pada pendekatan pendidikan, khususnya dalam pengajaran bahasa Inggris (English Learning Taeching) sebagai bahasa kedua. Pengalaman ini sangat membantu saya untuk mengaplikasikan teori ke dalam penelitian.

Selama magang, saya berkesempatan bekerja sebagai asisten peneliti di bawah bimbingan salah satu Dosen UIN Bandung. Dalam penelitian ini, saya diberi tanggung jawab untuk membantu mencari literatur yang relevan terkait topik penelitian. 

Salah satu tugas utama adalah melakukan tinjauan pustaka (literature review), di mana saya harus meneliti berbagai sumber akademis untuk menemukan studi-studi terdahulu yang berhubungan dengan fokus penelitian. Literature review ini bertujuan untuk memahami konsep-konsep teoritis yang mendasari penelitian kami dan mengetahui bagaimana penelitian sebelumnya telah mengkaji topik yang serupa.

Selain melakukan literature review, saya juga terlibat dalam pengumpulan data dari studi-studi sebelumnya (previous studies). Ini penting untuk membandingkan hasil penelitian kami dengan penelitian yang sudah ada dan untuk melihat celah-celah yang dapat kami eksplorasi lebih lanjut. 

Dalam hal ini, saya menggunakan berbagai sumber jurnal akademis dan platform database penelitian untuk menemukan hasil-hasil penelitian yang relevan, seperti Google Scholar, Neliti, dan lain-lain.

Untuk mendukung kelancaran pengelolaan referensi dan sitasi dalam penelitian ini, saya dan teman-teman menggunakan aplikasi, Mendeley, atas rekomendasi Bapak pembimbing kami. Mendeley sangat membantu dalam menyimpan, mengorganisasi, dan memformat sumber-sumber literatur secara efektif. 

Dengan Mendeley, saya dan teman-teman dapat dengan mudah mengelompokkan artikel-artikel ilmiah berdasarkan tema dan topik tertentu serta menyisipkan sitasi secara otomatis ke dalam laporan penelitian. Penggunaan alat ini memungkinkan saya untuk bekerja lebih efisien, terutama dalam menghindari kesalahan sitasi dan menjaga keakuratan dalam merujuk karya akademis lainnya.

Pengalaman magang ini tidak hanya memberikan saya pemahaman yang lebih mendalam mengenai dunia penelitian akademis, tetapi juga melatih kemampuan saya dalam menggunakan berbagai tools dan sumber yang terpercaya dalam proses penelitian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun