Mohon tunggu...
Tri Widayanto
Tri Widayanto Mohon Tunggu... Wiraswasta - wiraswasta

sederhana dan suka damai

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Membangun Bisnis dengan Dukungan Internet

10 Mei 2023   19:15 Diperbarui: 10 Mei 2023   19:22 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by RDNE (pexels.com)

Membangun bisnis bukan hal yang mudah. Banyak hal yang harus dilakukan untuk membuat bisnis yang kita kelola jadi lebih maju dan menguntungkan. Dalam perjalanan waktu, saya sendiri merasakannya. Kalau kita hanya sekadar membiarkan bisnis itu bergerak sendiri, tentu saja hasilnya kurang maksimal. 

Pada zaman sekarang, saya menyadari bahwa melek teknologi merupakan salah satu modal penting untuk membangun bisnis. Mulai dari menggunakan media sosial untuk memposting produk yang kita jual. Bagi orang awam dan kurang paham teknologi, ini merupakan tugas yang berat. Dia harus belajar dengan serius agar bisa mengejar ketertinggalan terhadap teknologi yang semakin maju.

Saya awalnya bukan tipe orang yang senang berkutat dengan teknologi, termasuk internet. Saya lebih suka bergaul dengan orang, mengobrol dan berinteraksi secara langsung. Tapi karena akhirnya membangun bisnis pada situasi ketika zaman sudah maju, mau tidak mau saya harus belajar. Saya harus tahu apa itu feed, reels, atau DM di Instagram. Begitu juga saya perlu memahami bagaimana Twitter bisa membuat sesuatu jadi viral dan mendapat perhatian dari banyak orang. Tiktok? Medsos yang belakangan sangat tren, benar-benar merupakan barang baru.

Belakangan saya ketahui bahwa manfaat mempelajari teknologi internet memang berdampak positif bagi bisnis. Setidaknya, saya bisa membuat pemasaran produk lebih luas lagi. Tentu saja saya bisa memilih antara yang berbayar atau gratis. Mempelajari perbedaan keduanya juga baru saja saya lakukan. Yang jelas, kalau ingin hasil yang optimal, saya harus memiliki anggaran yang memadai untuk itu. 

Bukan saja untuk memasang ads, tetapi juga untuk membuat internet bisa lancar. Kalau tidak lancar, waktu terbuang percuma. Hal-hal yang seharusnya bisa saya lakukan jadi tertunda karena menunggu loading internet. Seharusnya menggunakan IndiHome dari Telkom Indonesia sebagai internet provider, pasti akan membuat saya tidak khawatir lagi. 

Ini dia pengalaman singkat saya berkaitan dengan internet dalam mengelola bisnis. Saya tahu banyak orang memiliki pengalaman serupa juga. Mari kita bersemangat untuk meraih yang terbaik.

Photo by RDNE

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun