Penting nggak sih pendidikan musik di SD? Sebagian anak seringkali menganggap musik itu tidak penting dan kadang dinomor kesekiankan. Karena kebanyakan orang tua akan bangga pada anaknya apabila mereka pandai matematika dan pastinya sering mendapatkan juara kelas. Ketika ada seorang anaknya pandai bermain musik dianggap itu hal biasa.
Sebenarnya pembelajaran musik di SD yang diharapkan seperti apa sih? Mari kita belajar bersama. Pembelajaran musik di sekolah dasar bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi rasa keindahan yang dimiliki siswa melalui pengalaman dan penghayatan musik. Peningkatan rasa suka, penghargaan, dan tumbuhnya rasa musik (sense of music) lebih dipentingkan dibanding penekanan pada unsur-unsur music sebagai materi pengajaran. Sehingga anak tumbuh menjadi manusia yang luwes, berani, terampil, mandiri, dan kreatif.
Dengan belajar musik, setidaknya akan membantu siswa menyeimbangkan pikiran dalam otaknya. Siswa tidak selalu dibebani dengan mata pelajaran yang dianggap penting (matematika, dan teman-temannya) dan membutuhkan keseriusan dalam belajar tetapi juga direfreshkan dengan mata pelajaran yang cukup menyenangkan.
Dengan demikian diharapkan musik tidak membebani siswa tetapi pembelajaran musik mampu menarik perhatian siswa untuk belajar. Bukan menegangkan tetapi menyenangkan. Karena pada dasarnya musik merupakan memang sesuatu yang menyenangkan, mengagumkan, baik dinikmati sendiri maupun dalam kelompok orang
Pernahkah kalian menyanyikan lagu anak-anak? Mungkin sesekali....???? Atau mungkin malahan anda sudah melupakan lagu anak-anak dan lebih familiar dengan lagu pop dewasa atau yang lainnya. Hemmm.......
Untuk mengajarkan musik pada anak SD dapat dilakukan dengan lagu model yang pasti lagunya merupakan lagu anak-anak atau lagu nasional. Lagu tersebut merupakan lagu yang mampu menggali potensi siswa terhadap musik. lagu model akan berfungsi dengan baik apabila disesuaikan dengan pilihan anak yaitu dikenal anak, mudah dipelajari, menyenangkan, dan menimbulkan ketertarikan anak untuk mempelajari lagu tersebut. Sehingga tujuan pembelajaran mudah tercapai dengan baik.
Pembelajaran musik bisa dimulai dengan bernyanyi sehingga menimbulkan rasa senang anak. Ketika seorang anak mulai senag dengan musik, saat itulah anak diharapkan akan lebih mudah memahami unsur-unsur musik yang lainnya. Unsur musik yang dikembangkan antara lain: dasar teknik bernyanyi, irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu, serta ekspres. Tentunya dengan bimbingan dari seorang guru yang menguasai musik.
Metode pengajaran musik yang terbaik adalah metode yang melibatkan murid-murid dengan pengalaman yang bermakna. Pengalaman musik dapat mengembangkan kemampuan anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya melalui bunyi, alat musik, suaranya sendiri, dan melalui gerak tubuhnya sendiri.
Kecintaan seorang siswa terhadap suatu mata pelajaran dapat dimulai dengan menarik atau tidaknya suatu pembelajaran. Sebagai calon guru atu mungkin sudah menjadi guru, marilah kita tingkatkan keahlian dan kemampuan kita demi tercapainya generasi penerus bangsa yang cerdas, luwes, dan kreatif. Maju terus pendidikan Indonesia!!! Go...!!!
Judulnya bener nggak sih? Bagi pembaca yang budiman, kalau memang Bahasa Inggrisnya salah, mohon dibetulkan ya... He...he....
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H