Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan bekerja dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Universitas 17 Agustus 1945, pada tahun ini mengusung tema KKN yaitu "Penerapan Inovasi dan Teknologi Guna Mendukung Pencapaian SDG's Desa".
Mahasiswa Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Trezani Sabneno 1512100058, di bawah bimbingan Bapak Dr. Suroso, M.S.,Psikolog selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), Â melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan tentang Stop Cyberbullying kepada siswa-siswi SMP Negeri 3 Surabaya.Â
ruang kelas masing-masing.
Dalam melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa memberikan penyuluhan serta pelatihan kepada siswa kelas 8B dan 7H SMP Negeri 3 Surabaya. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 Mei 2024 di kelas 8B, kemudian kelas 7H diberikan penyuluhan pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2024. Setelah siswa diberikan penyuluhan, siswa diberikan pelatihan berupa penugasan membuat video role playing tentang stop cyberbullying. Pada hari Kamis tanggal 30 Mei 2024, siswa kelas 8B dan 7H melakukan penayangan video role playing yang sudah dibuat untuk dilakukan diskusi bersama. Semua kegiatan dilakukan diTujuan dilaksanakannya penyuluhan dan pelatihan Stop Cyberbullying bullying adalah untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang cyberbullying, meningkatkan kesadaran siswa terkait dampak negatif dari tindakan cyberbullying serta meningkatkan kreativitas siswa dalam mengimplementasikan penyuluhan yang telah diberikan dalam mengatasi tindakan cyberbullying.
Kegiatan ini diawali dengan memberikan penyuluhan, mahasiswa memaparkan materi tentang apa itu cyberbullying, jenis-jenis dari tindakan cyberbullying, penyebab dan dampak dari tindakan cyberbullying, dalam kegiatan penyuluhan ini siswa diberikan Pre Test dan Post Test untuk mengukur efektivitas program penyuluhan dalam meningkatkan pemahaman siswa. Setelah diberikan penyuluhan siswa diberikan penugasan untuk membuat video role playing tentang cyberbullying selama satu minggu. Kemudian pada pertemuan selanjutnya video yang sudah ditugaskan ditayangkan di kelas masing-masing, kelas 8B dan 7H mampu membuat konsep video yang sesuai dengan tindakan cyberbullying, siswa dapat mengidentifikasi dan menghadapi tindakan cyberbullying serta memaparkan seperti apa dampak negatif dari tindakan cyberbullying.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H