Mohon tunggu...
Toto Legowo
Toto Legowo Mohon Tunggu... -

Saya seorang guru Matematika di SMP N 2 Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pertanyaan Efektif Dalam Pembelajaran

2 Desember 2014   03:19 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:18 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pertanyaan Efektif Dalam Pembelajaran

*Toto Legowo

Efektif adalah dapat mencapai tujuan sesuaidengan yang direncanakan, demikian juga dalam pembelajaran. Pembelajaran dikatakan efektif jika tujuan pembelajaran tersebut tercapai. Tentunya unsur-unsur dalam pembelajaran harus direncanakan agar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dalam proses belajar mengajar K13 ada komponen Menanya. Langkah tersebut memang diharapkan pertanyaan timbul dari siswa. Namun dalam pelaksanaannya tidak serta merta siswa mudah menanyakan sesuatu setelah Mengamati . Hal ini perlu dilatih, untuk itu guru harus melatih para siswa untuk berani bertanya atau menjawab terlebih dahulu. Demikian juga guru harus berlatih untuk bertanya agar tujuan pembelajaran tercapai, pertanyaan yang diajukan kepada siswa haruslah yang efektif sehingga tidak menimbulkan kerancuan siswa untuk menjawab, namun mampu membuat siswa untuk berpikir. Jadi pertanyaan dalam pembelajaran harus direncanakan terlebih dahulu sesuai dengan materi yangpembelajaran tersebut, tidak muncul pada saat proses KBM, yang akan mengurangi kualitas pertanyaan guru tersebut, sehingga jawaban yang diharapkan tidak sesuai dan bahkan hanya sekedar pertanyaan tingkat rendah sehingga tidak efektif.

Karakteristikpertanyaan efektif.

1.Menuntutsiswaberpikir,tidaksekedarmengingatdanmenyebutkan.

2.Bersifatataumengarahpadapertanyaanyangopen-ended.

3.Memungkinkanjawabanyangberagam.

4.Memungkinkansiswamemaknaimatematikadariprosesmenjawabpertanyaantersebut.

5.Memungkinkangurumenilaisecaraholistikkemampuan matematikasiswa.

Dari karakterisrik tersebut di atas, yang mempunyai peranan terpenting dalam membelajarkan siswa secara maksimal adalah

1.Bersifat atau mengarah pada pertanyaan yang open ended.
Hal ini dikarenakan dengan pertanyaan yang open ended, anak akan lebih terangsang untuk berpikir, mencari alternatif jawaban yang memungkinkan dari pertanyaan yang diajukan terlepas apakah nantinya jawaban mereka benar atau salah, namun memberikan keberanian terhadap mereka untuk mencoba mengajukan pendapatnya. Denganlatihan yang rutin maka akan diharapkan komptensi anak terhadap suatu materi akan lebih matang

2.Memungkinkan siswa memaknaimatematika dari proses menjawab pertanyaan tersebut.
Hal ini terkait dengan karakteristik di atas, dengan memaknai matematika, siswaa akan menjawab pertanyaan sesuai dengan konsep yang diajukan, tidak melenceng terlalu jauh, Sisiwa akan mencari keterkaitan antar pertanyaan yang diajukan dengan makna pertanyaan tersebut secara matematis. Inilah yang akan membuat cara berpikir mereka semakin berkembang secara logika

Dari penjelasan tersebut, guru seharusnya berlatih untuk tidak memberikan atau mengurangi pemberian pertanyaan yang tidak efektif, yaitu pertanyaan yang tidak membuat siswa berpikir lebih lanjut. Pertanyaan yang hanya sekedar menghafal dan memberikan jawaban secara instant, dimana siswa sendiri tidak tahu dari mana asala jawaban tersebut.

Contohnya :

Masih ingatkah kalian dengan rumus Luas segitiga? Sebutkan rumus tersebut.

Dari pertanyaan tersebut siswa hanya menjawab ….Ingat ! dan kemudian menyebutkan rumusnyaL = ½ x alas x tinggi.

Jawaban tersebut tidak mengembangkan proses berpikir anak. Karena hanya mengingat. Lain halnya pertanyaan dikembangkan sebagai berikut.

…..Anak-anak, kita memiliki beberapa bangun berbentuk segitiga, bagaimana kita menghitung luasnya? Buktikan !....

Dari pertanyaan yang kedua, siswa diminta untuk berpikir mencari luas segitiga, meskipun mereka telah tahu rumusnya, namun dilanjutkan dengan membuktikan rumus tersebut. Hal inilah yang menantang siswa untuk berpikir lebih lanjut

Demikian juga apa yang telah saya laksanakan dalam pembelajaran selama ini, banyak kekurangan terutama dengan cara pemberian pertanyaan dalam KBM tersebut.Sehingga dengan diklat online ini saya sebagai guru matematika akan memperbaiki lebih kanjut proses belajar mengajar saya selama ini.

1.Rencana pembelajaran yang saya buat, akan saya konsultasikan dengan MGMP sekolah, untuk mendapatkan masukan dari perencanaan tersebut.

2.Kerja sama dengan MGMP sekolah menbuat beberapa pertanyaan efetif, yang akan kita uji keefektifannya di kelas, selanjutnya kita rangkum sebagai bank soal/pertanyaan.

3.Melatih siswa untuk bertanya dan menjawab dengan level berkelanjutan dari mudah dan tidak efektif hingga sulit dan efektif. Hal ini perlu latihan rutin, baik saya maupun para siswa.

4.Mendesain pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam KBM, dengandesain kegiatan yang beragam, sehingga siswa tidak jenuh.

Sebagai peserta diklat online yang juga ikut terlibat dalam forum diskusi tentang pertanyaan efektif, saya melihat beberapa hal menarik adalah:

1.Pertanyaan yang dibuat oleh peserta sebagian besar sudah mengarah ke pertanyaan efektif. Mskipun ada beberapa hal kurang lengkap, dalam arti lebih mengarah ke pertanyaan rutin. Kefektifan tersebut nantinya akan terlihat saat di aplikasikan di kelas. Hal inilah yang menarik, pertanyaan –pertanyaan yang ada dalam forum akan efektif untuk siswa yang terlatih untuk hal tersebut. Sementara kita tahu sebagian siswa kita susah diajak untuk menjawab pertanyaan , meskipun itu pertanyaan mudah. Kita haris memancing mereka sedemikian rupa agar mau menjawab tanpa takut untuk salah atau benar. Tetapi saya berikan apresias setinggi-tinggunya untuk rekan-rekan yang telah berbagi dengan berbagai contoh pertanyaan efektif sehingga bisa memberikan gambaran untuk saya selanjutnya.

2.Pertanyaan efektif yang diajukan lebih banyak ke soal geometri. Bagaimana kita memberikan pertanyaan untuk aljabar, yang jawabannya tidak bisa beragam? Ini juga merupakan tantangan untuk saya untuk membuat pertanyaan efektifnya, tentunya akan berdiskusi dengan kolega MGMP.

3.Dengan forum diskusi tersebut saya jadi lebih banyak informasi, untuk memperbaiki cara saya mengajar dengan pengajuan pertanyaan kea rah yang lebih efektif.

Banyak keuntungan dari pembelajaran membuat pertanyaan efektif dalam Diklat Online ini, semoga hasilnya akan berguna bagi siswa saya dan saya pribadi.

"Artikel ini adalah bagian dari tugas Diklat Online P4TK Matematika".



Tugas Individu 2.51

*) Toto Legowo, SMP N 2 Ungaran, dol4.48

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun