sirup dan juga sarung.
Bulan Ramadan akan segera tiba, berjarak hanya beberapa hari lagi dari sekarang. Umat Islam di Indonesia maupun di belahan dunia manapun, akan bersuka cita. Bagi masyarakat tanah air, salah satu pertanda akan hadirnya bulan puasa. Gencarnya promo iklan di televisi, yaitu produkSalah satu produk sirup yang masif memproduksi iklan ketika bulan puasa adalah, Marjan. Di setiap sesi Ramadan, iklan iklan sirup Marjan, kerap membetot perhatian. Tampaknya mereka selalu mempunyai ide baru, menampilkan iklan sirup, kemasan sinematografi layak mendapat acungan jempol.
Sirup Marjan hadir sebagai iklan di televisi dalam kurun satu dekade, uniknya mereka memunculkan pariwara ketika Ramadhan tiba. Teknik ini kerap di sebut Seasonal Marketing, memasarkan produk yang mengoptimalkan waktu tertentu. Dengan jeli Marjan membuat iklan iklan kreatif di bulan puasa. Pada akhirnya kini merk Marjan menjadi merk sirup nomor satu di Indonesia, dari sisi penjualan.
Tahun ini pun dalam menghadapi bulan puasa, iklan sirup Marjan hadir,sejak rilis beberapa hari lalu,membetot perhatian publik. Iklan berdurasi satu menit ini, mempunyai kekayaan sinematografi ala film Hollywood. Pembuat iklan nampaknya niat banget membesut iklan dengan teknik Computer Grafic Images.
Memunculkan karakter hewan mitologi Naga yang akan membelit perahu nelayan. Berbeda dengan karakter hewan hewan yang kerap muncul di sinetron televisi Indonesia, yang tampil apa adanya dan culun. Naga di iklan sirup Marjan tampil mewah dan serasa hidup, seperti bukan untuk iklan, tapi layar lebar.
Tak banyak film tanah air yang berhasil ketika menampilkan teknik CGI. Namun pujian untuk iklan sirup Marjan patut disematkan, sisipan tentang laut yang tercemar sampah plastik, seakan menjadi sindiran halus. Faktanya Indonesia memang negara dengan posisi nomor dua sebagai pembuang sampah plastik ke laut.
Seperti episode sebelumnya, iklan sirup Marjan menampilkan karakter lokal khas Nusantara, kali ini sosok Baruna dimunculkan.Legenda Baruna adalah penguasa samudera. Selain itu terlihat juga aktor laga kebanggaan Indonesia, Yayan Ruhian yang pernah membintangi film Hollywood, Stars Wars, tampil juga di iklan ini.
"Jika iklan sirup ditunggu tunggu, sangat layak jika Marjan mendapat apresiasi.Netizen Indonesia yang terkenal sadis di dunia maya, kali ini banyak memberikan komen positif dengan hadirnya iklan Marjan yang memukau.
"Bro got the avenger quality for syrup commercial," tulis @Zet22.
"konsep, visual, story sangat epik...iklan marjan emang paling niat gak pernah ngecewain, merinding cuk," ungkap @dj_kokoh.
Melalui iklan komunikasi terjalin, dahulu Marjan bukanlah pemimpin pasar untuk jenis minuman sirup, namun dengan cerdik memanfaatkan marketing ciamik ketika bulan puasa, produk besutan Lassalefood ini, perlahan lahan merebut hati publik tanah air, melalui iklan iklan berseri.
Tampaknya Baruna sedang mempersiapkan sekuel iklan berikutnya, sebagai penghantar menuju bulan puasa tahun ini, Marjan tampaknya total di mode tempur untuk memenangkan peperangan dengan iklan iklan sirup yang punya kelas tersendiri.