Untuk bisa merubah struktur yang ada pada suatu organisasi tidaklah mudah, Oleh karena itu, pada saat melakukan perubahan besar yang ada di struktur organisasi, penting untuk setiap pemimpin mengetahui dan memahami bahkan menyadari proses perubahan melewati tahapan - tahapan penting dan setiap tahapan akan banyak memakan waktu sehingga membutuhkan waktu yang signifikan.
Melakukan perubahan besar pada organisasi memang sering terjadi, misalnya seperti yang beberapa kali dilakukan oleh Presiden Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo atau biasa di panggil Jokowi yang bertindak re-shuffle kabinet setiap mentri untuk menigkatkan atau meng-upgrade kinerja dari setiap mentrinya atau bahkan  yang tidak melakukan pekerjaannya secara baik agar bisa menggantikan dan merubah individu dari mentrinya dengan individu yang lebih baik.
Melangkah kejalur baru itu sangat sulit, tetapi tidak lebih sulit daripada bertahan dalam situasi.
Bagaimana cara untuk melakukan proses perubahan tersebut?
Seperti yang ada pada buku karangan Richard L. Daft (2018) yang berjudul The Leadership, didalam buku tersebut beliau mengutip bahwa John Kotter merangkum cara dan menavigasi untuk melakukan proses perubahan, ada 8 cara diantaranya adalah Light a fire for change, Get the right people on board, Paint and compelling picture, Communicate the change widely, Remove obstacles and empower people to act, Achive and celebrate quick wins, Keep it moving, Make change stick yang akan kita ulas tuntas dibawah ini.
1. Light a fire for change
Maksudnya adalah setiap orang tahu pasti di suatu saat akan adanya perubahan dan orang - orang juga yakin bahwa perubahan itu sendiri sangatlah dibutuhkan. Untuk para pemimpin harus menginformasikan dan memberitahu kepentingan untuk perubahan dengan cara yang bisa menyentuh anggotanya. Anggota membantu orang merasakan kebutuhan akan perubahan daripada hanya memberi anggota lainnya fakta dan angka.
2. Get the right people on board
Dapatkan orang yang tepat untuk bergabung, yang dimaksud disini adalah mempertimbangkan yang bisa mempengaruhi perubahan. Untuk menerapkan ini tidak bisa hanya dilakukan oleh satu atau sendiri orang saja, perlu tim untuk melakukan dan merapkan ini. Untuk para pemimpin harus bisa membangun kerjasama yang baik dan kuat dari orang - orang terdepan  dengan cara membagikan pengalaman dan komitmen kepada kebutuhan agar mencapai perubahan yang sukses dan berhasil. Orang - orang terdepan harus bisa memberikan pendapatnya agar bisa mempermudah untuk mengambil keputusan akhir.