Azul Airlines baru saja dinobatkan sebagai "The Global Leader for Airline On-time Performance for 2022" oleh Cirium. Sebuah kejutan menarik! Bagaimana tidak, reputasi Low-Cost Carrier asal Brazil itu sejatinya kalah mengkilap dibandingkan beberapa nama besar lain di industri penerbangan dunia yang hanya berada di urutan di bawahnya.
The Cirium 2022 On-Time Performance Review adalah suatu standar global untuk kinerja maskapai dan bandara yang dirilis oleh Cirium. Sebuah perusahaan yang mengolah data dan analitik untuk penerbangan serta perjalanan.Â
Cirium sendiri juga dikenal sebagai bagian dari RELX. Perusahaan yang terkenal sebagai penyedia global analitik berbasis informasi yang berbasis di London-Inggris.
Pencapaian Azul Airlines memang cukup mengejutkan. Apalagi maskapai ternama asal Brazil itu sukses menyisihkan beberapa maskapai populer lainnya, seperti ANA dan JAL, duo maskapai besar asal Jepang. Begitu pun Emirates dan Qatar Airways, dua jawara asal Timur Tengah yang hanya menempati posisi ke-7 dan ke-9.Â
Akan tetapi, kiprah Azul tentu saja bukan kejutan bagi industri penerbangan di Amerika Selatan. Bersama LATAM Airlines dan GOL, Azul Airlines dikenal sebagai tiga maskapai terbesar di Brazil dan sekaligus di seluruh kawasan Amerika Latin. Berdiri sejak tahun 2008 itu, Azul kini menawarkan sekitar 900 penerbangan harian ke lebih dari 161 destinasi di Brazil dan ke berbagai negara lain di dunia. Â
Prestasi yang diraih Azul Airlines serta 9 maskapai lainnya di sepanjang tahun 2022 yang penuh tantangan memang layak diapresiasi. Ketika dunia baru saja pulih dari pandemi, industri penerbangan sejatinya sempat mengalami banyak ketidakpastian jadwal penerbangan. Penundaan dan pembatalan terjadi di mana-mana.Â
Bandara-bandara yang kekurangan staf ikut memperburuk kinerja maskapai penerbangan. Seperti yang pernah terjadi di berbagai bandara besar di Eropa. Namun, di tengah badai penundaan hingga pembatalan penerbangan itu, sebagian maskapai justru tetap tampil meyakinkan.Â
Azul Airlines, misalnya. Maskapai yang berbasis di Viracopos International Airport (VCP), Sao Paulo- Brazil itu, berhasil memiliki tingkat ketepatan waktu kedatangan 88,93 persen dari total penerbangan sebanyak 279.722. Tidak berbeda jauh dengan Azul, ANA alias All Nippon Airways yang berada di peringkat ke-2 pun mencatat pencapaian yang mengagumkan.Â
Menariknya, maskapai asal Jepang dan India terlihat sangat dominan dalam hal ketepatan waktu. Lihat saja daftar Global Airline Leaders di atas. Dari 10 maskapai yang berhasil meraih posisi teratas, tiga maskapai berasal dari Jepang (ANA, JAL dan Peach Aviation) dan tiga dari India (IndiGo, AirAsia India dan Vistara). Sisanya, masing-masing satu dari Thailand, China, Selandia Baru dan Malaysia.