Indonesia sepertinya tidak mau kehilangan momentum Piala Dunia 2022. Dan seakan hendak meneruskan prestasi mengkilap di KTT G20 Bali yang melambungkan nama Indonesia ke pentas global, Kemenparekraf Republik Indonesia kembali menggebrak pasar pariwisata di Qatar. Kampanye bertajuk "Wonderful Indonesia" itu pun segera menyita perhatian fan sepak bola dunia yang kini berada di Qatar.
Membangun branding "Wonderful Indonesia" memang harus dilakukan secara konsisten. Agar brand awareness dari pesona Indonesia itu tetap tersimpan lama di benak konsumen (baca: wisatawan). Dan ketika seluruh mata penggila sepak bola sedang tertuju ke Qatar, di momen ini pula Indonesia sekali lagi memamerkan pesonanya.Â
Strategi branding dengan membalut badan bus kota bertipe single decker maupun double decker dengan berbagai destinasi wisata di tanah air memang menarik. Lihat saja beberapa bus yang kini berseliweran di Doha itu. Tampil atraktif dengan gambar-gambar destinasi wisata top di tanah air. Very eye catching!
Mulai dari Pulau Bali, Candi Borobudur, Mandalika- Lombok, Danau Toba, Labuan Bajo-Komodo hingga Likupang-Sulawesi Utara. Deretan destinasi wisata ternama di Indonesia yang telah dilabeli sebagai 6 (enam) Destinasi Super Prioritas!
Alhasil, jalan-jalan di kota Doha pun terlihat kian semarak. Tidak hanya oleh warna-warni kostum pendukung Timnas dari berbagai negara peserta Piala Dunia 2022. Tetapi, juga ikut dihiasi bus-bus Wonderful Indonesia yang ikut mencuri perhatian dan sekaligus menebar pesona.Â
Selain di badan bus, promosi Wonderful Indonesia juga dilakukan melalui media luar ruang, yakni berupa digital billboard di beberapa titik strategis di Qatar. Di antaranya, di dekat Lusail Stadium, stadion sepak bola terbesar di Qatar. Dan juga tidak jauh dari Aspire Tower atau populer dengan nama The Torch Doha.
Promosi pariwisata seperti ini sejatinya sudah pernah dilakukan di berbagai kota di sejumlah negara Eropa. Misalnya, di Moskwa dan St. Petersburg di Russia. Lalu pernah pula di Berlin, Jerman. Dan tidak ketinggalan di kota Paris, Prancis. Kota-kota yang sangat kondang sebagai destinasi wisata kelas atas di Eropa.Â
Tentu saja bukan hanya kiat promosi yang harus diperhatikan. Tidak kalah pentingnya adalah kapan seharusnya promosi itu dilakukan. Di Berlin, misalnya, promosi Wonderful Indonesia diluncurkan bersamaan dengan perhelatan ITB Berlin, yakni salah satu ajang pameran pariwisata terbesar di dunia.Â
Sedangkan di Russia, digelar persis di tengah puncak liburan musim panas. Di saat kota Moscow dan St. Petersburg dipadati ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Dan kini kampanye Wonderful Indonesia kembali digeber. Tidak tanggung-tanggung. Dilakukan bersamaan dengan perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar.Â