Mohon tunggu...
Tongato
Tongato Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Pendidik dan peneliti

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Menjadi Copywriter, Profesi yang Tak Kalah Menariknya

18 Juni 2024   08:42 Diperbarui: 18 Juni 2024   08:55 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buku Seni Copywriting, Dari Tulisan Jadi Cuan karya Veronica Gabriella (Dokpri)

Membaca buku Seni Copywriting, dari Tulisan Jadi Cuan karya Veronica Gabriella yang diterbitkan PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia - Jakarta, 2023 seperti mendapat energi baru untuk menulis. Pasalnya, buku ini memberikan kiat menjadi penulis. Ya, menjadi penulis yang tak kalah dengan profesi lainnya, seperti dokter ataupun apoteker hingga pengacara.

Meskipun buku ini lebih fokus mengulas copywriter, penulis naskah periklanan dan pemasaran, namun tidaklah salah bila buku ini juga memberikan motivasi pada profesi penulis lainnya. Apakah ia penulis buku pelajaran, penulis skenario, ataupun penulis lainnya.

Buku ini memuat 13 bab. Dimulai dengan pembahasan pengenalan dengan copywriting, anatominya, resep, cara mengundang ide, hingga tantangan yang dihadapi dan pentingnya portofolio serta personal branding. Semuanya dikemas dalam bahasa yang enak dan renyah kita santap sebagai bacaan. Tidak perlu kita mengerutkan dahi untuk memahami dan menangkap apa yang disampaikan penulis.

Mengapa bisa demikian? Ya, karena mba Veronica, sebagai penulis buku memang praktisi di bidangnya. Ialah orang yang mendalami dan menjalani pekerjaan sebagai copywriter. Tapi tampaknya, mba Veronica  lebih sebagai orang yang menjalani hobinya sebagai copywriter. Apapun itu, jelas bahwa bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh siapapun.

Buku ini bukan hanya sekedar uraian teori. Ada contoh-contohnya dalam aplikasi penulisan naskah iklan dan pemasaran. Ini menjadi nilai plus. Karena dengan contoh itulah pembaca awam akan mudah memahami dan sekaligus melihat sesuatu yang konkret tentang naskah iklan dan pemasaran.

Hal menarik lainnya dari bukunya mba Veronica ini adalah adanya semacam kuis. Ya, semacam kuis yang tersedia juga kunci jawabannya. Kuis ini dapat menjadi alat untuk mengetahui posisi kita sebagai penulis. Misalnya, kuis tentang cara dan kondisi seperti apakah ketika kita mencari ide tulisan. Apakah dengan mendengarkan musik? Jenis musik favorit apa yang cocok untuk kita? Dan bagaimana caranya kita keluar dari kebuntuan (writer's block) saat menulis hingga dapat on lagi untuk menulis? Semuanya diterangkan dengan mudah dan menarik.

Terkait dengan tatangan seorang copywriter yang salah satunya juga menjadi perhatian mba Veronica adalah hadirnya artificial intelligence (AI). Bagaimana menyiasatinya? Hadirnya AI bukanlah hambatan atau lawan, justru AI akan menjadi kawan kita berkarya. Rangkul dan manfaatkan AI untuk membantu dan memudahkan kita sebagai copywriter, saran mba Veronica.

Meskipun secara keseluruhan buku ini menarik sekaligus sangat bermanfaat, namun ada satu bagian yang agaknya susah untuk dipahami dan dipraktikan. Bagian itu berkenaan dengan evaluasi terhadap tulisan kita terhadap audience. Berapa besar pengaruh tulisan kita terhadap sikap pembaca? Ini memang tampaknya bagian tersulit bagi seorang copywriter. Meskipun penulis telah memaparkan beberapa metodenya, namun kesulitannya adalah pada mempraktikannya di lapangan.  Tampaknya, ini butuh pihak lain dalam suatu tim periklanan dan pemasaran.          

Penasaran dengan isi lengkap buku  Seni Copywriting, dari Tulisan Jadi Cuan karya Veronica Gabriella? Yuk, kita baca selengkapnya.***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun