Mohon tunggu...
Tomy Abuzairi
Tomy Abuzairi Mohon Tunggu... lainnya -

Muslim | Husband | Researcher | tomyabuzairi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Daddy's Traveller: Jakarta-Tasikmalaya

22 Agustus 2013   16:04 Diperbarui: 7 Juli 2015   02:30 5138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillaahirrohmmaanirrohiim

Setelah membaca buku tentang traveling selama perjalanan dari Tasikmalaya ke Jakarta, Saya jadi terinspirasi untuk menulis pengalaman bolak-balik Jakarta-Tasikmalaya Saya, yang sudah berlangsung selama 3 bulan (Juni-Agustus 2013, lama juga ya ^_^). Setiap minggunya selama hampir kurang-lebih 3 bulan saya bolak-balik Jakarta-Tasikmalaya untuk menjenguk istri dan anak saya. Berbagai kendaraan sudah saya coba, baik kendaraan umum maupun prbadi. Semoga share pengalaman ini bermanfaat bagi yang ingin berlibur atau sekedar jalan-jalan ke Tasikmalaya. Jalur “Anti Mabok” dan Pemandangan yang IndahJika anda ingin pergi ke Tasikmalaya dengan jalur “anti mabok” serta pemandangan yang indah, maka kereta api adalah pilihannya. Jalur ini disebut jalur “anti mabok” karena dengan menggunakan kereta api, jalan berliku melewati jalur darat di Tasikmalaya jadi tidak terasa. Istri saya paling suka jalur ini, karena selama dia ke Tasikmalaya, jalur kereta api inilah yang paling dia nikmati. Selain bebas mabok, jalur ini juga memiliki pemandangan yang indah. Jalur selatan kereta api memang indah, karena membelah pegunungan di daerah Jawa Barat. Coba saja sendiri jika tidak percaya. 

Gambar Kereta Api Serayu Pagi sedang melewati jembatan (sumber: wikipedia)

Kereta Api Serayu

Awalnya saya tidak tahu kalau ada kereta yang memiliki rute Jakarta-Tasikmalaya. Berbekal browsing di internet ternyata ada kereta yang melalui rute Jakarta-Tasikmalaya. Kereta Serayu namanya. Sebenarnya kereta ini adalah kereta dari Jakarta menuju Kroya (Cilacap). Tapi berhubung kereta ini merupakan satu-satunya yang melewati kota Tasikmalaya dari Jakarta, maka kereta inilah satu-satunya pilihan. 

Kereta Serayu memiliki 2 jenis keberangkatan. Kereta Serayu Pagi dan Serayu Malam. Kereta Serayu Pagi berangkat jam 08.25 dari Jakarta dan sampai Tasikmalaya jam 14.48. Sedangkan Kereta Serayu Malam berangkat malam hari jam 20.25 dari Jakarta dan tiba di Tasikmalaya jam 02.48. Jadi total perjalanan sekitar 6 jam 23 menit. Perjalanan ini tergolong relatif cepat, jika dibandingkan dengan jalur Bus yang tergantung oleh macetnya jalan. 

Dari segi harga, (sebelum harga tiket naik) kereta ini merupakan kendaraan paling murah. Pada bulan Juni 2013, harga Kereta Serayu Pagi/Malam dengan kelas ekonomi harganya hanya Rp 25 ribu (Bandingkan dengan Bus yang harganya Rp 40-50 ribu). Seiring meningkatnya kualitas kereta api, mulai Juli 2013 Kereta Api Serayu ini dipasang AC (ekonomi-AC). Otomatis harga tiketpun naik menjadi Rp 60 ribu. Untuk pesan tiketnya pun tidak perlu repot, bisa beli online (tiket.com, kereta-api.co.id, tiketkai.com) atau beli langsung di stasiun terdekat dan juga bisa dibeli di toko retail Indomaret. Harga ini menurut saya cukup logis, karena harga bus ke Tasikmalaya dari Jakarta kurang lebih juga sekitar Rp 60 ribu. Untuk waktu pesannya, biasanya saya pesan 3-5 hari sebelum berangkat, tapi kalau saya lihat di Stasiun Jakarta Kota banyak orang yang pesan di hari-H tetap dapat tiket. 

Walaupun saya sangat senang naik kereta api untuk pergi ke Tasikmalaya, akan tetapi ada kekurangan dari jalur ini. Kekurangannya yaitu waktunya yang tidak fleksibel karena sudah terjadwal. Kita hanya bisa berangkat pada dua waktu, yaitu pagi dan malam hari. Sehingga jika ada hal yang mendesak, maka kita tidak bisa naik kapanpun waktunya. Selain itu, kereta api ini hanya berhenti di stasiun Tasikmalaya, yang secara geografis berada di pusat kota Tasikmalaya. Bagi yang kebetulan daerah tujuannya berada jauh dari pusat kota, maka ini merupakan kendala tersendiri. 

Tips naik kereta api Serayu: “Sedikit tips dari saya. Jika ingin dapat kursi yang enak, maka pesan kursi dengan huruf D atau E, misal 9D atau 9E. Karena bangku kereta AC-Ekonomi ini, berformasi 3-2, dimana ABC satu bangku dan DE juga satu bangku. Maka lebih enak pilih yang hanya 1 bangku 2 orang, ketimbang 1 bangku 3 orang. Kalau mau lebih enak lagi, pesan nomor ganjil untuk berangkat ke Tasikmalaya (misal, nomor 9D atau 9E), karena akan searah dengan jalannya kereta (tidak duduk membelakangi arah kereta yang kadang malah membuat kita pusing). Sebaliknya pesan nomor genap untuk pulang ke Jakarta”

 

Bus Budiman dan Primajasa: Jalur Mudah dan Fleksible

Bus merupakan kendaraan yang populer untuk ke Tasikmalaya. Jalur ini saya sebut jalur yang mudah dan fleksible. Kalau naik kereta, kita tidak bisa fleksible waktu dan tempat. Kalau bus, kita bisa mengatur tempat dan waktu sesuai dengan kehendak kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun