Dalam dunia bisnis sering kita dengar jargon "Pelanggan adalah Raja". Memang benar nasib bisnis kita tergantung pada pelanggan kita, bagaimana cara kita memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan melebihi harapannya.
Langkah awal yang harus anda lakukan adalah melihat peta bisnis dan persaingan. Bisnis anda apakah berada pada:
- Pasar Monopoli
- Pasar Oligopoli
- Pasar Persaingan Sempurna.
Pada pasar monopoli hanya anda yang bermain, pelanggan akan ikut apa saja kebijakan pilihan anda karena tidak ada pilihan. Pada pasar Oligopoli ada beberapa pemain tapi belum banyak, pelanggan anda sudah bisa melirik pesaing jika mereka tidak puas. Pada pasar persaingan sempurna pesaing anda sangat banyak, anda harus melayani pelanggan seperti seorang raja.
Permasalahannya setiap bisnis punya karakteristik pelanggan tersendiri. Jika bisnis anda adalah bisnis kuliner maka yang diinginkan pelanggan adalah keramahan saat berbelanja dan konsistensi rasa, disamping itu anda harus mendisain tempat bisnis anda agar menarik karena pelanggan millenial tidak hanya membeli makanan tetapi juga spot buat berfoto yang menarik.
Jika bisnis anda berbentuk perusahaan yang mempunyai pelanggan perusahaan maka hubungan baik jangka panjang perlu dijaga jangan hanya dengan komisaris perusahaan saja, tetapi juga dengan pengambil keputusan selain pemilik perusahaan seperti Direksi dan Manager. Terkadang sentuhan kecil dalam relationship ini memberi efek besar terhadap bisnis perusahaan seperti ucapan selamat ulang tahun, anniversary dll.
Pada prinsipnya pelanggan (Raja) menginginkan pelayanan melebihi harapannya sehingga repeater order terus berlanjut untuk sustainability bisnis anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H