[caption caption="Tiga Keunggulan Honda Vario 150 Sempurna - http://www.welovehonda.com/esp/"][/caption]Kata “eSP” membuat saya bertanya, mahluk apaan sih itu? Saya pun mencari kata tersebut di sebuah mesin pencari di internet. Ada beberapa hal menyangkut kata “eSP” tersebut. Yang pertama adalah eSP adalah singkatan dari Espana atau negara Spanyol. Biasanya kita mengingat tulisan ESP ketika ada pertandingan sepakbola international antara Spanyol dengan negara lain. Spanyol akan ditulis atau disingkat dengan ESP. Ah.. itu hanya sekilas dan tidak ada hubungan sama sekali dengan apa yang hendak saya tulis ini.
Yang kedua, kata “eSP” muncul bersamaan dengan situs Honda Vario 150 Sempurna. Yang ketiga, adalah sebuah kamus tentang arti kata “eSP”. Dan inilah yang menjadi ketertarikan saya, entah sengaja atau tidak, kata “eSP” dalam kamus tersebut ada hubungan dengan teknologi yang ada di motor matik terbaru Honda Vario 150 Sempurna
Kata “eSP” dalam kamus Skeptic’s Dictionary, adalah singkatan dari “extrasensory perception is perception occurring independently of sight, hearing, or other sensory processes.”, saya artikan secara bebas adalah persepsi tentang sensor ekstra, sebuah persepsi tentang sensor penglihatan, pendengaran, atau proses sensor lainnya. Jika disederhanakan artinya adalah, sebuah gerakan otomatis dalam proses penglihatan dan pendengaran dan juga proses-proses lainnya.
Lah, terus apa hubungannya dengan eSP yang diterapkan di dalam teknologi terbaru Honda Vario 150 Sempurna? Inilah yang akan coba saya bahas menurut pengertian saya.
Kata “eSP” di Honda Vario 150 Sempurna adalah singkatan dari enganced Smart Power. Sebuah teknologi eSP yang diterapkan oleh Honda secara global. Dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar lebih baik dan ramah lingkungan. Dan tentu saja teknologi yang menggunakan sistem sensor. Sensor yang bekerja secara otomatis ketika sepeda motor sedang dikendarai.
Honda Vario 150 Sempurna sendiri menggunakan komponen-komponen eSP seperti ACG starter, gabungan generator dan starter guna mengurangi gesekan sehingga menghidupkan mesin dengan suara yang halus (sensor pendengaran), Offset cylinder, mengurangi gesekan antara piston dan silinder, Spinny Sleeve, mengurangi distorsi akibat gesekan pada silinder, Squish, sistem pengapian yang lebih baik sehingga pembakaran lebih cepat, Tumble, penyebaran bahan bakar yang merata sehingga pembakaran menjadi lebih baik.
Dari komponen-komponen eSP tersebut semuanya bertujuan sama, yaitu mengurangi gesekan, menghemat bahan bakar, dan meningkatkan performa mesin menjadi lebih baik dan tentunya lebih tahan lama. Perlu diingat pula, bahwa ini dilakukan oleh Honda pada motor matik Vario 150 Sempurna nya. Dan mungkin ini satu-satunya di kelas motor matik dibandingkan kompetitornya.
Kesimpulan saya, teknologi eSP yang diusung Honda menjadi jawaban untuk masyarakat awam yang tidak mengerti teknologi kendaraan bermotor sekali pun, yaitu bagaimana naik motor matik yang larinya kencang, tidak boros bensin, dan suara mesin halus. Dan ini hanya didapatkan di motor Honda Vario 150 Sempurna.
We Love Honda!
Sumber :