Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... Penulis - A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Path Bakal Ditutup, Pengguna Rame-rame Akses Akun

19 September 2018   01:10 Diperbarui: 19 September 2018   01:27 430
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Screen Capture Perpisahan Path

Tahun 2012 lalu, iya saya masih ingat tahun 2012 lalu, sebuah aplikasi media sosial ini mulai booming. Aplikasi media sosial ini bernama path. Adalah teman saya yang mengenalkan media sosial ini.

Path, memiliki sebuah perbedaan dengan platform media sosial lainnya. Tidak bisa diakses dari website melalui komputer biasa. Harus memasang aplikasinya di smartphone. Saya yang memang aktif di Media Sosial, ikut membuat akun path.

Path kemudian menjadi aplikasi yang hits banget. Lewat path kita bisa memposting lagu yang kita dengarkan, film yang kita tonton, dan pastinya postingan foto dan lainnya juga.

Lama kelamaan, saya mulai meninggalkan aplikasi ini. Ketika saya memasang aplikasi ini di ponsel saya dan masuk ke akun path saya, saya melihat teman-teman saya yang jarang posting. Lini masa terasa sepi.

Enam tahun berselang dari saya mendaftarkan akun path saya, sebuah pengumuman datang dari developer atau pemilik aplikasi ini. Path berhenti beroperasi. Jagad dunia maya kemudian meriah membahas path ini.

Netizen ramai-ramai membahas soal path yang akan segera tutup. Reaksi netizen beragam. Mereka kemudian ramai-ramai untuk kembali membuka akun path mereka, termasuk saya.

Apa yang dilakukan? Sebagian besar teman saya, ataupun orang yang memiliki akun path, meng-screen capture layar akun path mereka dan kemudian memposting di IG Story.

Teman-teman saya memilih best moment di Path untuk diposting di IG Story. Posting di IG Story ini memang tengah menjari favorit pengguna instagram.

Pengguna path ini juga banyak yang mengunduh foto-foto mereka di path. Ketika path sedang booming, netizen memang lebih suka memposting foto di path. Dan kalau path tutup, foto-foto ini sudah pasti akan hilang.

Saya kemudian berpikir, ini sepertinya menjadi gimmick dari path, agar penggunanya mengakses akun path mereka dan bisa saja penggunaan path kemudian meningkat. Dan jumlah unduhan path di appstore maupun playstore pasti akan banyak.

Terlepas dari itu semua, sebulan lagi path akan menghilang. Kamu sudah unduh foto-foto kamu di path? Sayang kalau hilang. Apalagi kalau tidak ada backupnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun