Pertanyaan yang muncul adalah, mengapa?
Tugas seorang manager adalah mensukseskan tujuan perusahaan melalui orang lain. Manager yang efektif mampu mendorong, mendongkrak, memotivasi dan mengeluarkan potensi terbaik setiap anak buahnya. Seorang manager bukan orang yang paling sibuk, karena ia sanggup memberi delegasi yang pas kepada orang yang pas di waktu yang pas.
Kesulitan yang paling sering di hadapi oleh banyak manager
• Sudah bosan memotivasi anak buah tapi perilakunya tetap tidak berubah ...
• Sulit mengatasi anak buah yang punya hobby mengeluh ...
• Kehabisan waktu untuk me-manage karena sibuk menjadi pemadam kebakaran ...
• Sebagian orang lebih suka saling menjatuhkan orang lain untuk mendapat perhatian atasan, ketimbang berprestasi ...
• Lelah dengan orang yang tidak kompeten karena rekrutmen yang salah...
Siapa the best manager menurut kacamata saya? jika anda melihat bidang sepak bola, jawabannya Jose Mourinho, Alex Ferguson, Rafael Benitez, Frank Rijkaard. The best manager mampu melakukan kolaborasi bukan hanya kontrol, melakukan delegasi agar team lebih bertanggung jawab, lebih banyak mendengar dan bertanya, mampu menggali feedback tanpa menghakimi.
Bagaimana membedakan gaya manager atau coach?
Konteks
Coach
Manager
Inti pekerjaan
Memfasilitasi Perubahan
Menjaga Stabilitas
Fokus pada
Potensi manusia
Mengelola tugas
Memiliki
Pengikut
Anak buah
Melihat Pandangan
Jangka panjang
Jangka pendek
Mengejar
Visi perusahaan
Tuntutan atasan
Pendekatan
Mengarahkan
Merencanakan
Keputusan
Di fasilitasi
Di putuskan sendiri
Kekuatan pada
Karisma dan wibawa
Jabatan resmi
Berbicara kepada
Hati
Kepala
Membangun
Semangat Juang
Sistem Kontrol
Mengajak team untuk
Proaktif
Reaktif
Persuasi
Bertanya
Menjawab
Apa benefit seorang manager yang mampu dan memiliki coaching skill?
Komentar dari beberapa manager yang telah mentransformasi diri menjadi seorang manager coach, ternyata ada beberapa keuntungan yang mereka nikmati dengan natural dalam memimpin.
Team yang lebih komit
Jika anda bertanya, apa motivator terhebat? Menurut saya Empowerment ! Ketika anda sanggup dengan cerdas melibatkan team anda untuk membuat goal, meningkatkan efisiensi, memperbaiki sistem kerja, implementasi ide-ide baru, dan mengimplementasi ide yang mereka sumbangkan, team akan lebih committed dan fokus mengerjakan tanggung jawab mereka.
Komitmen di bangun oleh seorang coach dengan mengajak team untuk mempertanggungjawabkan setiap tindakan mereka agar di arahkan sejalan dengan goal perusahaan. Uniknya, bukan coach yang menentukan tapi team-lah yang mengusulkan tindakan dan prioritas utama yang harus di lakukan.
Performa team yang lebih maksimal
Tugas anda adalah meningkatkan skill team anda sekaligus meningkatkan performa mereka. Tugas ini adalah ciri dari peranan seorang coach.
Coaching mengasah ketajaman berpikir individu, dengan menggunakan pertanyan yang efektif. Secara kolektif anda akan menemukan kolaborasi yang positif ketika individu yang intuitif dan penuh inisiatif ini bekerjasama.
Team work yang lebih harmonis
Seorang manager juga berperan menciptakan team work dalam mencapai tujuan. Manager yang juga seorang coach yang baik akan mensupport rasa percaya antar individu dan terhadap perusahaan yang menghasilkan suasana kerja yang nyaman.
Apakah artinya semua harus memberi toleransi kepada semua orang?
Tentu tidak, coach membangun proses yang menciptakan rasa percaya.Keterbukaan, saling respek, sikap saling membantu akan lebih mempermudah pencapaian goal karena menjadi enjoy dalam bekerja.
Lebih kreatif, penuh ide baru
Jika anda pernah di latih oleh proffesional coach, apakah di bidang sport, bisnis, life atau executive, ada satu ciri yang konsisten,”mereka selalu mengajukan pertanyaan.”
Pertanyaan memberi kesempatan kepada team mengekslpor pemikiran yang sebelumnya tidak terpikir. Ide kreatif akan muncul secara dramatis, coba kalau tidak percaya. Seorang coach tidak berhenti pada saat team tidak mau berbicara, seorang coach mahir dalam menggunakan teknik bertanya agar proses berpikir menjadi lebih mudah.
“thinking is nothing but a process of asking and answering question.” Anthony Robbins
Informasi yang lebih akurat
Manager yang memiliki coaching skill mampu membuka cakrawala berpikir team. Mereka secara tulus mendengarkan feedback yang akhrinya membuat team lebih nyaman mengunkapkan isi hati. Rasa nyaman ini dapat membuat team mau menyampaikan ‘good news’ maupun ‘bad news’ secara apa adanya. Tahukah anda, informasi bad atau good adalah informasi yang vital dalam menjalankan peran anda sebagai manager?
Memang ada yang berpendapat, wah coaching takes time! Saya jawab, yes, anda harus invest time to gain time. Seperti anda harus investasi uang untuk mendapat uang. Pilih mana, jadi pemadam kebakaran terus, atau investasi waktu untuk mengambangkan kualitas dan ketajaman berpikir team agar suatu saat anda punya waktu bebas untuk berprestasi lebih hebat lagi?
“Komitmen pribadi terhadap usaha team – adalah awal dari kesuksesan team work, perusahaan, lingkungan dan negara.” Vince Lombardi
Be a great Coach ... be a Great Manager ...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H