Kebanyakan pengusaha Indonesia hanya mengarahkan perhatiannya pada pasar lokal. Padahal, peluang entrepreneur Indonesia mengeksploras pasar global cukup besar.
Bagaimana carannya? Tentu Anda tidak harus buka toko di luar negeri. Melainkan cukup dengan memasarkan produk Anda melalui jaringan internet.Manampin Girsang adalah salah satunya. Ia adalah pengusaha ukiran asal Jepara, sukses memasarkan produknya hingga ke Eropa, mengandalkan sebuah website.
“ Saya bisa mendapatkan 1 M untuk sekali transaksi”, ungkapnya kepada saya. “Dan tahukah Anda, saya bahkan belum pernah berjumpa dengan beberapa pelanggan setia saya di luar negeri. Karena proses pembelian terjadi secara online”, jelasnya .
Jadi peluang berbisnis ke luar negeri sangat nyata. Setidaknya, menurut saya, ada beberapa jenis produk yang layak Anda pasarkan secara global
Pertama, produk unik bermuatan seni dan budaya asli Indonesia.Masyarakat luar negeri, khususnya di Eropa, umumnya memiliki penghargaan yang tinggi terhadap barang-barang bernilai seni dan mengandung muatan budaya.Itu sebabnya produk-produk seperti batik, alat music kulintang, uloscukup diminati di luar negeri.
Kedua, produk kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian, peralatan kerja dsb. Namun menurut saya tidak mudah, pasalnya barang-barang asal China adalah rajanya untuk kategori ini. Kecuali Anda memiiki produk dengan kualitasyang cukup baik dan harga bersaing,atau produk yang hanyaada di Indonesia namun banyak peminatnya layak Anda, seperti kopi Luwak
Ketiga, pengetahuan dan keahlian. Anda punya pengetahuan yang unik atau keahlian tertentu dan orang bisa menfaatkan jasa Anda dengan biaya bersaing maka Anda dapat memasarkan ke luar negeri.
Keempat, tempat wisata. Jika di tempat Anda terdapat objek wisata yang menarik dan unik maka Anda bisa mempromosikannya ke luar negeri. Pastikan sarana pendukung seperti penginapan dan transportasi cukup baik.
Lalu bagaimana mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki secara efektif?
Pertama, membuat situs yang berfungsi sebagai store online. Lalu lekatkan informasi tentang produk, atau jasa Anda dengan lengkap.Jangan lupa untuk selalu mengupgrade situs Anda.
Kedua, manfaatkan media social untukberbagi pengetahuan dan terkoneksi dengan banyak orang di luar negeri.
Ketiga, gunakan berbagai layanan di internet seperti youtube, slideshare, milisdsb untuk berbagi informasi.
Jadi dengan adanya jaringan internet yang menghancurkan batas-batas geografis, maka sangat disayangkan jika Anda belum mencoba memasarkan ke luar negeri.
@Hendra
Pakar Personal Brand &
Internet Marketing
3291858E
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI