Melihat peminat Kompasiana yang sudah bukan hanya orang dewasa, melainkan juga para pelajar, saya jadi ingin bagi-bagi pengalaman waktu sekolah dulu.
Pernah menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Indutri Pariwisata (SMIP) membuat saya harus melakukan On the Job Training (OJT) atau magang.Â
OJT di level SMIP selain sebagai syarat kelulusan juga persiapan agar selepas lulus bisa langsung bekerja pada bidang yang sesuai dengan pendidikan yang ditempuh.
Mayoritas sekolah pariwisata akan bekerja sama dengan beberapa industri jasa seperti travel agent, hotel dan restoran untuk penempatan siswa yang akan melakukan training. Tapi jika ada siswa yang punya pilihan sendiri atau mau mencoba di tempat lain biasanya dipersilakan yang tentunya tahapannya pun berbeda. Sesuai dengan jurusan yang saya ambil, yakni hospitality dengan konsentrasi F&B service, lokasi OJT yang saya tuju yakni hotel.
Mendapat kesempatan memilih saya pun mencoba di salah satu hotel bintang 4 yang ada di wilayah Jakarta Pusat. Kenapa harus hotel berbintang?Â
Jawabannya sangat sederhana, yakni, umumnya semakin tinggi poin hotel mendapatkan bintang maka kualitas dan pelayanannya pun berarti makin bagus pastinya SDM yang dipekerjakan di sana pun adalah mereka yang qualified di bidangnya, dan bisa dipastikan ilmu seputar hospitality makin banyak yang bisa didapat.
Berdasarkan definisi dari OJT atau magang itu sendiri adalah sebuah metode langsung untuk menanamkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi penting yang dibutuhkan karyawan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu di tempat kerja, sehingga tahapan yang dilakukan mirip orang yang akan melamar pekerjaan.
Sebuah bisnis yang menerima anak magang tidak akan menerima calon anak magang begitu saja. Mereka pun punya kualifikasi standar untuk anak magang yang akan dipekerjakan di sana. Apalagi dalam industri jasa di mana yang dijual adalah jasa demi mendapatkan kepuasan pelanggan.
Tahap pertama yang saya jalankan yaitu melakukan interview. Pertanyaan yang dilontarkan interviewer jelas seputar F&B service atau pelayanan makan dan minum. Salah satunya adalah Sequence of Service.Â
Sequence of Service merupakan tata urutan dalam melayani tamu, dari tamu datang hingga tamu meninggalkan restoran.