"Strategi Perguruan Tinggi Mengatasi Kekurangan Mahasiswa"
Untuk mengatasi tantangan dalam menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan putera-puteri mereka di perguruan tinggi yang kekurangan mahasiswa, berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan, antara lain:
1. Lakukan riset pasar dan evaluasi pesaing
Perguruan tinggi perlu melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan harapan masyarakat terhadap pendidikan tinggi.
Selain itu, analisis pesaing juga penting untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif dan menyesuaikan strategi pemasaran.
2. Strategi pemasaran yang efektif dan buat citra merek yang kuat
Perguruan tinggi harus mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan keunggulannya.
Ini termasuk penggunaan media sosial, promosi pemasaran digital, situs web yang informatif dan menarik, serta kolaborasi dengan influencer atau tokoh masyarakat terkemuka.
Selain itu, membangun kesan merek yang kuat dan citra yang positif akan membantu meningkatkan daya tarik perguruan tinggi tersebut.
3. Program orientasi dan kunjungan kampus