Jika kita berbicara masalah menjual asuransi, itu tidak akan terlepas dari masalah kepercayaan dari calon nasabah. Seorang calon nasabah asuransi yang telah memutuskan membeli polis asuransi berarti dia percaya bahwa produk asuransi yang ditawarkan akan menjadi solusi perencanaan keuangan untuk keluarga, disamping itu ... dia memutuskan membeli berarti percaya bahwa agen yang membuat penawaran adalah agen profesional yang akan membantu kepentingan nasabahnya. Itu saja sebenarnya yang merupakan kunci dapat terjualnya produk asuransi.
Cerita ini sebenarnya  terinspirasi perjalanan karir seorang teman yang kebetulan adalah agen asuransi. Seorang agen asuransi hanya berpendidikan SMA namun sekarang penghasilannya tinggi hingga puluhan juta per bulan. Tak heran jika menjadi agen asuransi merupakan peluang usaha atau merupakan salah satu profesi dengan bayaran tertinggi. Yang menarik adalah cara kerja awal  cara dia bekerja, sebagai seorang agen asuransi yang masih baru dan belum berpengalaman menghadapi calon nasabah dia banyak belajar dari seniornya.
Yang dia lakukan adalah dengan mengajak seniornya yang sudah berhasil untuk mengadakan pendekatan kepada calon nasabah. Ini akan menumbuhkan rasa percaya dari calon nasabah, karena dengan pengalaman agen senior otomatis calon nasabah akan melihat bukti bahwa produk asuransi yang ditawarkan memberikan manfaat bagi nasabah, ini akan ditunjukkan dengan bukti klaim. Apalagi jika agen senior tersebut menunjukkan bukti bahwa dia juga sekaligus menjadi nasabah, tentu akan menambah kepercayaan calon nasabah.Â
Proses kerja tersebut berulang ulang akhirnya membuat dia menjadi hafal cara menghadapi prospek dan memahami bagaimana seharusnya bekerja untuk meyakinkan calon nasabah, mulai pendekatan hingga akhirnya bisa closing mendapatkan penjualan. Hubungan antar agen dalam satu tim kerja rupanya yang membuat senior merasa berkepentingan agar agen - agen dalam tim nya menjadi berhasil. Jadi proses belajar yang sederhana rupanya namun jika tidak action sejak awal, keberhasilan juga akan tertunda terus. Sistem kerja yang terduplikasi pada setiap lini membuat kerja agen asuransi menjadi produktif.
BLOG DAN INTERNET MENJADI SENJATA TAMBAHAN
Menghadapi perkembangan teknologi yang semakin maju dan populernya sistem pemasaran online menjadi tantangan yang wajib dikuasai. Berawal dari belajar cara membuat email dan blog, lalu sistem internet marketing, kini internet dapat mendatangkan nasabah - nasabah baru dengan lebih mudah. Ternyata daftar prospek potensial yang ada justru lebih mudah didapat dengan cara online dengan target wilayah yang diinginkan.
Cara Membuat Blog Agen Asuransi Yang Menjual
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H