Diberikan Oleh Lembaga Perlindungan Konsumen
Ada teguran yang menunjukkan kemarahan ,tapi ada juga teguran yang disampaikan, agar yang melakukan kesalahan sadar diri dan memperbaiki,serta tidak mengulangi lagi melakukan kesalahan yang sama.
Cara penyampaian yang kasar adalah makian yang tidak layak dituliskan disini. Tapi cara yang santun menyampaikan kritikan membangun adalah dengan: "Satire", yakni sindiran dengan cara halus dengan berbagai cara dan gaya.
Salah satu cara unik adalah dengan memberikan penghargaan terhadap kinerja yang selama ini dinilai sangat mengecewakan. Dan salah satu yang mendapatkan "Penghargaan " ini justru adalah Maskapai terbesar di Australia,yakni "Qantas airline "
'Shonky Awards' diberikan sebagai bentuk kritikan dan masukan, dan 'shonky' dalam bahasa Inggris artinya adalah tidak jujur atau tidak bisa dipercaya.,yang diprakasai oleh Lembaga Perlindungan Konsumen.
"Qantas might call itself the Spirit of Australia, but we think Spirit of Disappointment is more appropriate. It is well and truly deserving of receiving a Shonky Award this year,” Mr Kirkland said. (Sumber)
Tentu saja hal ini , merupakan tamparan bagi maskapai penerbangan terbesar di Australia tersebut, setelah dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah pelanggan menulis pengalaman mereka di jejaring sosial mengenai buruknya layanan, seperti penundaan penerbangan, bagasi yang hilang dan penumpang yang terpaksa harus nginap di Bandara. Padahal harga tiket termasuk paling mahal dibandingkan maskapai penerbangan lainnya.
Disamping Qantas,masih ada beberapa perusahaan lainnya,yang juga mendapatkan "penghargaan" ,karena dinilai kinerja yang buruk dan berdampak merugikan konsumen,baik secara materi,maupun non materi. Apakah Lembaga Konsumen di Indonesia berani melangkah sejauh ini ?
Tjiptadinata Effendi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H