Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Baru Puasa 12 Jam Sudah Gemetaran

18 April 2021   18:40 Diperbarui: 18 April 2021   19:59 759
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Wajib Puasa karena Harus Menjalani Blood Test

Sewaktu mengurus Perpanjangan SIM ,karena usia saya sudah mencapai lebih dari 75 tahun,maka dalam menjalani pemeriksaan kesehatan tidak hanya sekedar mengukur tensi dan jantung,tapi saya harus menjalani Total Medical Check up ,termasuk Blood Test . Karena sudah akrab dengan dokter yang menangani kami berdua,maka sambil bercanda saya sempat bilang :"Saya kan cuma mau urus perpanjangan Driver Lisence ,bukan mau jadi Pilot Pesawat terbang ,mengapa begitu rumit dokter?"   

"Effendi,aturan memang begitu, yang penting sehat baru nyetir Kalau tidak sehat mengemudikan kendaraan,bukan hanya bahaya untuk diri sendiri,tapi juga untuk pengguna jalan raya yang lain. Jadi mulai jam 10 nanti malam,tidak boleh makan apapun dan hanya boleh minum air putih satu gelas. " Kata dokter dengan serius .Maka saya tidak melanjutkan candaan saya dan mengatakan:"Baik dokter"

Blood Test Perlu Diulangi 

Maka sesuai dengan petunjuk dokter,sejak jam 10 malam saya sudah tidak lagi mengonsumi apapun. Padahal biasanya pada jam seginian,setidaknya saya mengemil dua tiga potong biskuit,sambil mengetik artikel. Tapi isteri saya bertindak sebagai Pengawas dan mengingatkan saya agar jangan melanggar pesan dokter. 

Keesokan harinya,sempat saya tanya kepada isteri saya:"Sayang,mana Capucinno untuk Koko kog nggak ada?"  

"Eee hari ini kan mau medical check up,mana boleh minum capucinno?" kata isteri saya . Saya baru ingat ,benar hampir saja ,batal puasa saya. Jam 10.30 kami sudah berangkat dari rumah,karena appoinment adalah jam 11.00 siang di Shenton Medicare Center. Setelah menunggu selama lebih kurang 30 menit, nama saya dipanggil Dan seperti biasa,bagi orang Australia mengucapkan nama :"Tjiptadinata " sangat sulit bagi mereka,sehingga nama saya dipanggil :"Mr.Effendi" dan bagi saya sama sekali tidak ada masalah

Begitu masuk keruang  pemeriksaan darah,hal pertama yang ditanyakan adalah :"Anda sudah berpuasa sejak jam 10 malam kemarin kan?" Dan  saya jawab :"Benar ,saya sudah berpuasa dan tidak makan apapun "  Dan sample darah saya diambil 3 botol kecil. Kemudian bekas jarum suntik,ditempelin handy plast dan diminta agar saya memegang selama beberapa menit. Saya kira sudah selesai dan dalam pikiran saya sudah terbayang ,semangkuk penuh mie kuah dengan telor mata sapi. Tetapi kata Petugas yang mengambil sample darah saya:" Silakan anda duduk diluar dan satu jam lagi ,anda akan dipanggil,karena ada the second blood test" 

Saya terperangah. Lamunan saya semangkuk mie kuah hangat hangat dengan telur mata sapi jadi buyar. Begitu keluar dari ruangan,saya bilang pada isteri saya:" Aduh sudah 3 tabung diambli sample darah Koko, ee satu jam lagi masih harus diulang lagi Blood Test " Dan isteri saya membujuk saya,""Sabarlah Koko,satu jam kan nggak lama"

Menunggu Satu Jam Rasa Seabad 

Dalam keadaan lapar dan haus, menunggu satu jam serasa sangat lama. Tiap sebentar saya melihat jam ,ee malah jamnya semakin lambat rasanya berputar. Akhirnya nama saya dipanggil. Rasanya saya sudah gementaran karena lapar dan haus,padahal baru 12 jam tidak makan dan minum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun