Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Dapatkah Utang Budi Dibayar dengan Materi?

29 Juni 2020   16:24 Diperbarui: 29 Juni 2020   16:29 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebuah Pertanyaan Usang 

Seperti yang sudah pernah saya tuliskan bahwa dalam perjalanan hidup ini, semua utang utang saya sudah saya lunasi. Baik terhadap orang lain, mauupun terhadap keluarga sendiri. Bahkan demi untuk memutus rantai utang ini, saya dan istri memastikan tidak menerima warisan dari kedua belah orang tua kami.

Baik dari orang tua saya maupun orang tua istri. Dan dengan penuh kepercayaan diri, saya berani menuliskan bahwa sejak pensiun kami sudah terbebas dari segala utang utang kami dan dengan ikhlas membebaskan siapapun yang pernah meminjam uang kepada kami dan lupa mengembalikannya.

Setelah nasib kami berubah, maka saya mencoba menelusuri siapa saja yang telah membantu kami dimasa masa sulit,termasuk menyelamatkan saya ketika jatuh terkapar di jalan raya ,selama beberapa kali terjadi kecelakaan. 

Bahkan demi untuk berusaha membalas budi baik orang, saya mengemudikan kendaran dari Padang ke Medan .Mencoba menelusuri kembali tempat kerja kami di PT PIkani yang lokasinya sekitar 34 kilometer dari Medan,yang termasuk di daerah Petumbak,Deli Serdang. 

Setiap kali bertemu dengan orang yang sudah menyelamatkan hidup saya, maka dengan segala kemampuan saya mencoba memberikan apa saja yang mungkin saya lakukan. 

Utang Budi Tak  Akan Pernah Pupus

Usai melakukan napak tilas dan membuktikan bahwa diri saya bukanlah orang yang tidak tahu membalas budi,termasuk kepada tante kami sendiri yang telah memberikan kami tumpangan selama tinggal di Medan, tapi dalam hati saya tetap saja merasakan bahwa utang budi ,tidak mungkin saya lunasi.walaupun saya mengunjungi orang yang telah menolong kami hingga keluar negeri.

Setiap kali saya berdoa,nama orang orang yang telah menyelamatkan hidup kami,selalu saya sebutkan Sungguh seperti kata pribahasa :" Hutang emas dapat dibayar .........."

Sebuah renungan kecil di siang hari

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun