Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berkumpul Bersama adalah Momentum Terindah

26 Desember 2017   21:15 Diperbarui: 26 Desember 2017   21:28 788
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Kita Tidak Dapat Memastikan Apa yang Akan Terjadi Esok

Saking sibuknya diri dengan berbagai kegiatan, menyebabkan secara tanpa sadar,kita menunda untuk bertemu dengan orang orang yang dicintai. Baik anggota keluarga, maupun para sahabat baik kita. Dengan berpikir : "Nanti  kalau saya tidak begitu sibuk "Tetapi ternyata  prediksi kita seringkali tidak tepat. Kesempatan yang kita biarkan berlalu,terkadang tidak akan pernah lagi didapatkan seumur hidup.

Secara pribadi, saya sudah berkali kali merasakan pahitnya, ketelodoran saya menunda untuk bertemu. Karena ketika saya ingin bertemu dengan mereka,sebagian sudah tidak ada lagi, karena sudah meninggal. 

Ada teman saya yang bersusah payah,saya cari nomor Ponselnya, tapi ketika nomornya ditangan saya,orangnya sudah meninggal beberapa hari sebelumnya. Guru saya di SMA don bosco, sudah saya niatkan untuk menemui beliau, bilamana tahun depan kami kembali ke tanah air,tapi kemarin saya dapat berita,bahwa beliau sudah meninggal sebulan lalu.

new-year-4-5a425c6cab12ae292d506c82.jpg
new-year-4-5a425c6cab12ae292d506c82.jpg
Momentum Paling Berharga Adalah Bersama Seluruh Anggota Keluarga

Momentum terindah,bukanlah ketika kita pesiar keluar negeri,melainkan ketika ada kesempatan untuk berkumpul bersama sama.Karena untuk berwisata ria,tidak pernah ada kata terlambat.Akan tetapi untuk berkumpul bersama seluruh anggaota keluarga,boleh jadi tidak akan pernah bisa lengkp lagi,karena sebagian sudah pindah keberbagai negara.

Saat saat ketika kami berkumpul bersama dengan seluruh anggota keluarga dan para sahabat kami,adalah pada waktu ultah pernikahan kami yang ke 50 di Hotel Jayakarta di Jakarta. Semua anak ,mantu dan cucu cucu, serta keponakan datang berbagai negara, khusus untuk bisa bertemu dengan kami. Begitu juga sahabat sahabat kami,datang dari berbagai daerah ,bahkan dari Papua dan NTT juga hadir. 

Nah, momentum seperti ini,sudah tidak lagi pernah akan dapat dilaksanakan. Karena salah satu dari cucu kami di Jepang,melanjutkan studinya, sementara 2 orang cucu yang lainnya di Taiwan dan di Australia. Karena itu, tidak berlebihan bila bagi saya pribadi,kesempatan untuk bisa berkumpul adalah saat saat terindah dalam hidup kami.

Menunda Bisa Jadi Berarti Meniadakan Kesempatan

Menunda untuk bertemu,karena alasan sangat sibuk, ternyata sudah berkali kali,membuahkan penyesalan yang mendalam bagi saya pribadi. Maskuisd hati untuk menemui sahabat sahabat dan kerabat kami, kalau tahun depan kami libur ke kampung halaman,ternyata sudah terlambat, karena sebagian dari mereka ,sudah tidak ada lagi.!

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun