Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ini Sebabnya Orang Australia Takut TBC

28 Oktober 2017   21:50 Diperbarui: 28 Oktober 2017   22:34 1275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menemukan Rahasia Mengapa Orang Australia Paling Takut Penyakit TBC

Bagi orang yang sudah termasuk kriteria senior,maka untuk mendapatkan Visa kunjungan ke Australia,sangat sulit.Karena disamping segala urusan surat menyurat secara format ,jaminan keuangan,masih ada satu lagi,yakni medical check up. Mengenai gangguan kesehatan ,seperti hipertensi , kolestrol ,gangguan jantung dan gangguan penyakit lainnya,kemungkinan untuk mendapatkan visa masih ada celahnya.

Akan tetapi bilamana rerdeteksi ada infeksi paru paru atau dalam catatan kesehatan,pernah mendapatkan TBC,maka jangan harap permohonan visanya akan di terima. Hal ini dialami oleh salah seorang teman saya,yang sesungguhnya sudah beberapa kali berkunjung ke Australia,karena ada putri dan cucunya disini.Tetapi terakhir,tahun lalu visanya ditolak,karena dari hasil medical check up ,dirumah sakit yang ditunjuk,teman saya terdeteksi mengalami infeksi paru atau disebut pneumonia.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Pengalaman Pribadi

Seperti sudah pernah saya tulis,dua tahun lalu,saya pernah mengalami accident,yakni tergelincir di tangga pesawat dan mengalami luka dalam.Paru paru saya mengalami infeksi sangat parah.  Dan saya di Karantina. Dalam kondisi sakit,saya masih menyaksikan bahwa setiap orang yang akan membezuk saya,harus mengenakan masker dan baju khusus. Karena dikuatirkan saya menderita tbc. Tentu saja hal ini membuat hati saya merasa sangat sedih.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Ternyata Ini Penyebabnya

Kemarin ,sewaktu kami ke Kalgoorlie ,disamping mengelilingi banyak lokasi wisata,kami menyempatkan diri untuk berkunjung ke Boulder Town Hall,semcacam museum disini.Diruang atas ,tampak ada tulisan yang dipigura. Ternyata isinya nenjelaskan bahwa di tahun 1918 pernah terjadi epidemic di dunia, Sekitar 50 juta orang tewas.Dan di Australia sendiri dalam waktu singkat tewas sekitar 12.000 orang,akibat dari Peneumonia.

Rupanya sejarah kelam masa lalu ini,selalu dijadikan pedoman dan tuntunan bag warganya,agar selalu waspada terhadap penyakit yang penyebabnya adalah gangguan ada paru paru.

Setelah membaca keterangan yang di pajang disana,saya baru memahami ,mengapa orang Australia, sangat takut mendengarkan kata :"tbc" .Mungkin sudah menjadi trauma,akan kejadian dimasa lalu.

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun