Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua .Proses adalah pembentukan ,belajar adalah menambah pengalaman baik akademik dan non akademik .Jadi proses belajar anak SD adalah pembentukan pola piker anak sekolah dasar dengan menambah pengalaman baik akademik dan non akademik sehingga akan dihasilkan anak yang cerdas,kreatif,inovatif.
Belajar itu merupakan proses terpadu artinya belajar itu saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain jadi dalam prosesnya itu tidak sendiri – sendiri meliputi semua aspek kehidupan baik fisik,social,emosional,intelektual,moral[multidisipliner].Contohnya apabila anak belajar IPS ,maka anak tersebut secara tidak langsung akan mengenal keadaan alam yang ada disekitarnya dan akan menambah nilai positif bagi anak tersebut.
Dan dalam belajar harus menggunakan prinsip
1.Yang sedang dipelajari hal – hal positif
2.Pada waktu belajar dengan keadaan sadar
3.Yang dipelajari adalah hal – hal nyata [pengalamannyata ]
4.Dengan belajar efektif
5.Menggunakan bahasa yang baik dalam proses belajar mengajar
Proses psykologi belajar anak dapat dipahami dari tingkah laku,[classical conditioning,operan conditioning,pembentukan kebiasaan ,serta peniruan ].Yang kedua yaitu dengan cara atau dengan ukuran tingkat kecerdasan [kognitif]. Yang ketiga dilihat dari perkembangan kognitif lalu dengan pemrosesan informasi yang baik .Sehingga proses psykologi belajar pada anak perlu dibentuk sejak kecil agar anak itu terbiasa belajar ,Apabila anak itu tidak belajar dia merasakan ada yang kurang pada dirinya .
Belajar yang baik akan didukung oleh lingkungan yang baik ,kemampuan berpikir yang sesuai [tidak dipaksakan sesuai perkembangan] dan menggunakan mediabaik cetak maupun elektronikyang memadai sehingga akan memperoleh hasil yang baik.
Dengan penerapan proses belajar yang bbaik dan benar pada anak SD akan sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.Yang baik dan benar maksudnya sesuai antara isis kurikulum dengan kemampuan berpikir anak .Misalnya dengan proses belajar yang baik maka KBMakan berjalan lancer dengan prestasi yang tidak mengecewakan tentunya dan sebaliknya dengan proses yang kurang baik maka hasilnya sudah dapat ditebak tentunya akan menghambat KBM.Jadi pembelajaran harus sesuai dengan perkembangan anak .
Proses belajar harus didukung oleh kedua belah pihak baik dari pihak sekolah maupun dari pihak orangtua .Sebagai pihak formal harus menyediakan sarana dan prasarana sesuai dengan perkembangan masyarakat,dan dari pihak orangtua harus member dukungan dan teladan yang baik bagi anaknya.Sehingga proses belajar dapat dikatakan berhasil .
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H