Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari individu atau organisasi yang lebih spesifik dengan satu visi, nilai, atau ide yang sama. Jejaring sosial identik dengan website atau situs sebagai tempat berkumpulnya orang banyak tanpa dibatasi. Instagram, Facebook, Whatsapp, Line, Tiktok, merupakan contoh dari jejaring sosial. Dimana setiap aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dan video kemudian membagikan ke berbagai layanan jejaring sosial lainnya.
Namun seiring berjalannya waktu kini jejaring sosial tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, tetapi juga digunakan sebagai media untuk bisnis online. Seperti toko online, media periklanan, ataupun relasi publik. Salah satu penggunanya adalah anak-anak muda yang ingin memanfaatkan akun jejaring sosial mereka dan ingin menghasilkan uang dengan mudah. Salah satu jejaring sosial yang banyak digunakan seperti Instagram dan Facebook. Hal yang dilakukan saat berbisnis online yaitu dengan membagikan foto ataupun video dari produk yang kita jual, lalu membagikannya kepada sesama pengguna ataupun ke jejaring sosial yang lainnya. Salah satu pelaku usaha online shop ini adalah Zizara. Zizara merupakan pelaku online shop yang ada di Kota Depok yang menjual produk fashion muslimah melalui Instagram. Dimana mereka menarik pembeli menggunakan beragam foto produk Zizara yang diperagakan oleh seorang model dan terkadang mereka melakukan survei terhadap konsumennya melalui postingan misalnya dengan memberikan sebuah pilihan antara dua produk yang berbeda dan diminta untuk memilih salah satunya. Hal ini mereka lakukan untuk mengetahui berapa persen minat pasar pada produk yang sudah mereka launching kan.
Peran dari jejaring sosial ini memberikan dampak yang besar terhadap bisnis online. Dimana kita bisa menjual dan memperkenalkan produk kita dimana saja. Bagi perusahaan yang mampu beradaptasi dengan teknologi, cenderung akan bertahan lebih lama. Sehingga perusahaan harus pintar-pintar menggunakan dan memanfaatkan jejaring sosial. Berikut beberapa peranan jejaring sosial dalam dalam bisnis online :
- Jejaring sosial sebagai alat promosi yang efektif
- Promosi dengan menggunakan media cetak atau penyiaran akan memerlukan dana yang tidak sedikit. Tetapi kini sudah banyak media sosial yang menyediakan dengan harga murah bahkan tidak berbayar. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mengurangi dana yang dikeluarkan. Selain itu, dengan desain dan konten dari media sosial juga akan mendatangkan konsumen.
- Jejaring sosial berperan dalam proses riset
- Riset pasar adalah proses mengumpulan dan mengevaluasi kelayakan dari suatu produk atau jasa yang berkaitan dengan target pasar. Dalam dunia bisnis, riset pasar merupakan hal yang sangat penting karena akan menentukan arah suatu bisnis. Beberapa riset pasar yang dibutuhkan seperti penetapan pangsa pasar, melihat minat pangsa pasar, tren di masyarakat dan memilih pemasok.
- Jejaring sosial memudahkan mendapat informasi
- Dengan teknologi yang canggih, jejaring sosial bisa diakses kapan dan dimana saja. Hanya memerlukan smartphone dan jaringan internet, kita bisa menjelajahi dunia. Jejaring sosial akan memudahkan custumer untuk mengakses dan mendapat informasi dengan lebih mudah. Seperti spesifikasi dari produk atau identitas dari toko bisnis itu sendiri. Dari sisi penjual bisa memantau perkembangan dari aktivitas konsumen, atau memantau para pesaing bisnis.
- Jejaring sosial berperan dalam perkembangan bisnis
- Kini jejaring sosial sudah dilengkapi dengan kolom saran atau feedback. Penjual bisa melihat bagaimana ulasan dari konsumen mengenai produk atau jasa. Dengan begitu penjual bisa mengembangkan usahanya, apa saja yang sedang dibutuhkan konsumen atau apa saja yang kurang dari produk atau jasa yang ditawarkan.
Selain dari segi peranan dari jejaring sosial dalam bisnis online, Instagram dan facebook yang termasuk contoh dari jejaring sosial juga ikut berperan penting dalam bisnis online, salah satunya sebagai media promosi atau pengiklanan. Hal ini sangat berdampak pada omset penjualan dan produk yang dijual makin dikenal banyak orang. Bentuk promosi yang biasanya mereka gunakan yakni video dengan berisikan konten menarik seperti mengenai sebuah tutorial yang berhubungan dengan produk mereka. Namun Instagram dan Facebook juga memiliki kelemahan dan kelebihan, sebagai berikut:
a. Kelemahan :
- Banyak spamming di Instagram. Kemudahan berinteraksi di instagram menimbulkan banyak spam, terutama di kolom komentar. Hal ini tentunya dapat berdampak negatif terhadap reputasi akun instagram bisnis pemiliknya.
- Durasi video yang dibuat maksimal 15 detik. Sehingga saat ingin mempromosikan produk menggunakan video, tetapi terbatas pada waktu yang singkat.hal itu akan menghalangi penjual dalam menjelaskan detail produk.
- Ukuran foto yang diupload kecil, sehingga sulit dilihat di instagram, tetapi banyak toko online telah melampauinya dengan menargetkan produk mereka dengan foto berkualitas tinggi.
- Harus selalu posting konten agar terus terlihat timeline, karena Instagram memiliki timeline berkelanjutan yang bergerak cepat. Jika tidak melakukan update maka akun Instagram tidak akan muncul di timeline. Hal ini mencegah pengikut melihat promosi di instagram business.
- Resolusi foto kecil, sehingga resolusi gambar yang kecil harus dimaksimalkan dengan mengambil gambar produk dari sisi yang tepat sehingga pengguna dapat melihat produk dengan jelas.
- Fitur chatting membuat pemilik toko online tidak dapat berkomunikasi dengan pelanggan yang tidak mengikuti akun instagram pemilik toko tersebut.
b. Kelebihan :
- Tidak berbayar. Instagram dapat digunakan secara gratis dengan mengunduh aplikasi di ponsel dan membuat akun. Juga dapat digunakan sepuasnya tanpa berbayar.
- Instagram sebuah jejaring sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat umum dengan pengguna Instagram yang banyak, sehingga mempermudah untuk mempromosikan produk ke konsumen di berbagai daerah. Beriklan di instagram dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti penggunaan hashtag, sistem endorse dan periklanan. Dengan adanya hashtag membuat pencarian terhadap kata atau brand tertentu lebih mudah ditemukan. Pemakaian hashtag  sebagai salah satu strategi marketing yang mudah dan efektif.
- Fasilitas instagram yang sangat membantu dalam berbisnis online adalah Instagram dapat memasukkan nomor telepon, alamat email, alamat toko fisik bisnis, dan dapat mencantumkan link dari website toko.
- Dapat melakukan riset dengan melakukan polling untuk mengetahui berapa persen peminat produk kita di pemasaran dan denga poling kita bisa mengetahui produk apa yang banyak dimintai oleh konsumen.
- Terdapat tools yang dapat digunakan untuk melihat pengujung. Tools adalah wawasan dasar mengenai data postingan dan data follower. Tools tersebut dapat menganalisa konten dan juga perkembangan brand di Instagram.
- Mudah dalam penggunaannya, Â seperti dalam pembuatan konten atau sarana promosi. Cara paling mudah dalam berpromosi di Instagram adalah dengan mengambil foto atau gambar yang menarik. Kemudian lengkapi dengan caption yang menarik.
- Dapat terhubung dengan jejaring sosial lainnya, seperti WhatsApp dan Facebook. Sehingga akan mempermudah dalam melakukan posting ke beberapa jejaring sosial lainnya.
- Instagram secara khusus digunakan sebagai aplikasi berbagi foto dan fitur yang tersedia sangat mendukung gambar produk yang akan di upload.
a. Kelemahan :
- Banyak akun facebook yang dibuat hanya untuk melakukan spamming atau akun kloningan
- Facebook adalah media yang sangat sensitif sehingga sangat rawan terkena blokir dan pembobolan akun.
- Belum ada fitur pencarian konten dengan hastag di facebook sehingga akan sulit untuk menemukan produk yang diinginkan.
- Postingan yang mudah tenggelam, pengguna facebook yang cukup banyak bahkan mencapai ribuan mempunyai kemungkinan postingan iklan dari produk akan tenggelam.
b. Kelebihan :
- Facebook tidak mengubah kualitas gambar saat penggunanya mengupload sebuah foto, dan foto yang dihasilkan akan tetap sesuai dengan yang aslinya.
- Adanya fanpage yang dapat digunakan untuk berbisnis, fitur ini juga dapat mengupload gambar serta menyelipkan deskripsi tanpa harus membuat akun baru sehingga dapat memposting produk tanpa tercampur dengan konten pribadi yang dimiliki. Dan fitur ini memiliki jumlah pengikut yang tidak terbatas.
- Dapat menulis deskripsi produk yang tidak terbatas, tanpa adanya batasan karakter dapat memudahkan dalam menyampaikan informasi mengenai suatu produk kepada konsumen secara jelas.
- Video berdurasi panjang, berbeda dengan aplikasi lain yang biasamya hanya dapat mengupload video berdurasi 15 detik sampai 1 menit.
- Facebook juga memiliki story yang berdurasi 24 jam, dengan fitur ini bisa digunakan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya dan dapat melakukan spam produk karena story akan terlihat di dinding luar dan tidak akan tertimbun dengan postingan pengguna lain.
Penggunaan platform jejaring sosial seperti facebook dan instagram sebagai saluran pengembangan bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kekurangan ini bukan berarti bahwa pebisnis ataupun pengguna memilih untuk tidak mencoba bisnis online. Sebaliknya dengan adanya kekurangan atau kelemahan maka pelaku usaha online didorong untuk dapat menganalisis serta memetakan kebutuhan market dan target pembeli dengan memaksimalkan fitur online yang sudah tersedia melalui strategi bisnis sehingga kelemahan atau kekurangan tersebut dapat diminimalisir. Lebih lanjut, tools yang dimiliki oleh Instagram maupun Facebook telah memberikan kemudahan bagi pebisnis online untuk melakukan analisis pasar ataupun segmentasi. Instagram yang menghadirkan akun khusus bisnis, menyediakan insight seperti umur, jenis kelamin, jam-jam terbaik dimana users sering go-online, dsb. Tools insight ini memudahkan para pelaku bisnis yang baru terjun ke dunia online menyusun strategi promosi, branding, hingga penjualan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI