Menjual asuransi memang tidak mudah, membutuhkan teknik marketing yang berbeda dengan jika kita menjual barang dagangan seperti di toko. Mengapa sulit? Karena kita yang kita tawarkan adalah produk bernilai jutaan dengan komitmen pembayaran jangka panjang. Sehingga calon pembeli akan sangat berhati – hati karena mereka takut salah langkah. Apalagi jika mereka sudah anti pati akibat adanya pemberitaan negative seputar asuransi.
Dari latar belakang cerita tersebut, sebenarnya kunci persoalannya adalah calon nasabah asuransi hanya ingin bukti bahwa produk yang ditawarkan memang memberikan manfaat. Sehingga dengan menunjukkan bukti, akan menumbuhkan kepercayaan calon nasabah terhadap produk asuransi.
Ada cara efektif untuk mendapatkan kepercayaan dari prospek atau calon nasabah, caranya sederhana yaitu dengan mengajak mereka pada acara seminar asuransi. Tentu saja seminar dengan tema pokok sosialisasi manfaat asuransi.
Biasanya masing – masing perusahaan asuransi membuat acara seminar atau pertemuan yang dirancang untuk sarana marketing bagi agen – agennya. Sebenarnya ini adalah momentum yang baik dalam menggenjot penjualan, karena dengan mengajak sebanyak mungkin prospek anda, semakin banyak potensi penjualan yang bisa dihasilkan.
Saya sendiri tadinya tidak begitu yakin dengan asuransi, namun setelah hadir pada sebuah pertemuan, pikiran saya menjadi lebih terbuka. Di sana saya banyak melihat testimony, disamping itu saya melihat para agen yang memasarkan juga sekaligus menjadi nasabah asuransi. Ini menggugah keyakinan saya akan manfaat asuransi, karena mereka ( agen ) disamping menjual produk juga memakai produknya sendiri, artinya mereka menjual produk yang baik.
Dalam pertemuan itu atmosfirnya positif sekali, sehingga yang tertanam pada benak para prospek juga pikiran positif, pada akhirnya mereka akan lebih mudah menerima rekomendasi atau penawaran produk. Bahkan pada pertemuan itu banyak sekali yang closing saat itu juga.
Dari cerita di atas, pertemuan atau seminar dapat menjadi sarana positif dalam memasarkan produk asuransi, ini akan sangat membantu bagi agen baru yang masih miskin pengalaman. Karena masih miskin pengalaman itulah pada pertemuan itu calon nasabah disuguhi pengalaman orang lain yang tentu saja akan berpengaruh positif pada keputusan calon nasabah.
Â
CARA MEMASARKAN ASURANSI SECARA ONLINE
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H