Pengembangan atau Penambahan Varian Produk
Setelah kami melakukan penjualan dan validasi produk kepada pelanggan, kami akan melakukan pengembangan atau penambahan varian produk sebagai berikut :
- Woodenface akan menambahkan pengait/penutup yang lebih kuat dan lebih rapat agar kartu-kartunya tidak mudah keluar.
- Varian kayu dalam pembuatan Woodenface akan diperbanyak opsinya, selain menggunakan kayu maple, kami juga akan membuat dengan bahan baku kayu seperti Rosemary, Jati, Mahoni, dan Merbau
- Warna kayu akan dibuat lebih gelap tetapi tetap memproduksi warna kayu yang lebih muda
- Di dalam kayunya akan dibuat pembatas kecil diantara kartu.
- Pengembangan dan Penyesuaian Segmen PelangganÂ
- Pada awalnya kami melakukan penjualan, segmen pelanggan kami adalah sebagai berikut :
- Pria dan Wanita
- Pekerja
- 25 Tahun hingga 50 Tahun
- Kelas menengah ke atas
- Jabodetabek
Setelah kami melakukan penjualan via marketplace online, maka segmen pelanggan kami meluas tidak hanya untuk daerah Jabodetabek saja, tetapi untuk seluruh Indonesia. Kami juga tidak menyangka bahwa mahasiswa dan mahasiswi tertarik dengan produk kami dikarenakan generasi milenial dan generasi Z sudah aware untuk menjadi generasi yang cashless. Dan tidak hanya para eksekutif muda saja yang menyukai produk woodenface tetapi ada dosen, profesional, dan ibu rumah tangga.
Penyesuaian Value Proposition
Sebelum melakukan validasi kepada pelanggan, kami memiliki value proposition dalam bahan pembuatnya yang antik, elegan, dan tahan lama. Setelah melakukan pameran, tim woodenface banyak sekali mendapatkan masukan. Tim woodenface menemukan bahwa banyak pembeli kami tidak membeli sebagai kegunaan sehari-hari mereka, para pembeli memilih woodenface sebagai sesuatu yang lucu dan unik sehingga dapat dijadikan sebagai kado bagi pacar, teman, ataupun keluarga mereka. Tetapi tetap banyak juga mahasiswa dan dosen yang menggunakan woodenface sebagai tempat mereka untuk menaruh kartu-kartu mereka dalam gaya hidup cashless.Â
Penyesuaian Value Proposition kami tidak terlalu banyak, yang awalnya kami menekankan durability dan pengalaman bertahun-tahun pengrajin kami maka kami akan menyesuaikan dengan kata Unique, inovatif, dan kreatif. Kami ingin menekankan bahwa woodenface merupakan handmade yang penuh dengan inovasi dan kreativitas anak muda. Jiwa seni selalu mengalir dalam setiap lekukan dompet kayu Woodenface.
Pengembangan dan Penyesuaian Hubungan PelangganÂ
Hubungan pelanggan menjadi penting demi berkembangnya produk kami, sehingga kami akan menyediakan customer service di setiap platform, maka pelanggan akan dengan mudah menghubungi kami bila ada produk yang rusak, atau cacat. Selain itu setelah penjualan, konsumen akan diminta menuliskan saran dan kritik mengenai produk kami.
Program Co-Creation kami tetap dijalankan karena kami melihat banyak sekali mahasiswa dan mahasiswi Universitas Indonesia selalu melirik dan melihat booth kami Exhibition. Kami juga sempat berkenalan dengan Diaz dari Fakultas Teknik , dia tiga kali datang ke booth kami selama Exhibition, dia sangat begitu tertarik dengan produk woodenface dan ingin sekali mendesain woodenface dengan penuh kreativitas. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa tertarik akan produk-produk handmade dan ingin berkontribusi di dalamnya.
Tim woodenface akan terus berinteraksi dengan pelanggan-pelanggan kami terkhususnya anak-anak muda yang memang terbiasa dengan hidup cashless.
Pengembangan dan Penyesuaian Saluran Pemasaran