Mohon tunggu...
tinaa sapna
tinaa sapna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, saya mahasiswi psikologi semester 4 Universitas 17 Agustus 45 Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pelatihan Keterampilan Pengenalan Potensi Diri untuk Penentuan Karir di Masa Depan

4 Januari 2025   21:56 Diperbarui: 4 Januari 2025   22:14 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya, 17 Desember 2024. Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2022 yang berasal dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, telah melaksanakan kegiatan turun lapangan untuk memberikan pelatihan. Program pelatihan mereka bernama “MEKAR”, mengenai keterampilan pengenalan potensi diri dalam penentuan keputusan karir di masa depan pada siswa kelas X di SMAN 17 Surabaya. Mahasiswa yang berpartisipasi pada kegiatan ini adalah Nabila Octaviola Rosanti, Dwi Fatmawati, An’nisaa, Rahma Fiqhi Zakiyati, Nakita Valentina Panjaitan, Aisyah Shafa Az Zahra, Aima Putri Pitaloka, Tina Sapna Rani, dan Rahmad Bintang Samudra. Dibimbing oleh ibu Rahma Kusumandari, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku dosen pengampu mata kuliah Desain Pelatihan Berbasis Komunitas kelas A. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah, untuk membantu siswa kelas X di SMAN 17 Surabaya dapat mengenali potensi dan keterbatasan diri melalui bimbingan serta refleksi. Selain itu, dapat membantu siswa dalam menentukan pilihan karir sesuai minat dan menetapkan tujuannya, serta merencanakan langkah-langkah untuk mencapai tujuan karirnya.

Kegiatan observasi dan wawancara di SMAN 17 Surabaya
Kegiatan observasi dan wawancara di SMAN 17 Surabaya

Sebelum memberikan pelatihan, mahasiswa melakukan observasi dan wawancara kepada siswa SMAN 17 Surabaya. Setelah dilakukannya observasi dan wawancara, beberapa siswa dan siswi belum memahami perencanaan karir jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu, para siswa juga belum memiliki pemahaman mendalam tentang potensi, kekuatan, dan kelemahan dirinya. Mereka juga merasa masih bingung akan bekerja di bidang apa dan ragu dengan modal kemampuannya.

Mahasiswa memberikan pre test pada siswa
Mahasiswa memberikan pre test pada siswa

Pelatihan ini diikuti oleh siswa kelas X yang berjumlah 24 anak. Saat pemberian pelatihan, para siswa terlihat antusias dan sangat fokus untuk menyimak materi yang diberikan. Sebelum diberikan pelatihan, para mahasiswa mengajak siswa kelas X untuk melakukan ice breaking dan menjawab pre test yang ada di google formulir. Pre test dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman peserta mengenai perencanaan karir. 

Pemberian materi pada sesi pertama
Pemberian materi pada sesi pertama

Pelatihan ini terdapat dua sesi, yakni “Level Up” dan “Water your plan!”. Pada sesi pertama, mahasiswa memberikan materi kepada para siswa mengenai keterampilan dasar dalam dunia pekerjaan. Contoh materinya, seperti macam-macam skill dasar di dunia pekerjaan dan perkuliahan yang harus dikuasai, macam - macam komunikasi, dan etika bersosialisasi.

Sedangkan di sesi kedua. Mahasiswa memberikan pemahaman tentang pentingnya perencanaan karir, melatih peserta tentang perencanaan karir, dan melatih peserta atau siswa untuk mengenal diri serta percaya pada dirinya sendiri. Pada sesi kedua ini, siswa juga diberi penugasan untuk membuat rencana jangka pendek, menengah, dan panjang yang dapat membantu siswa untuk menyusun rencana yang akan dilakukan nantinya. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.36 WIB. Kegiatan ini ditutup dengan memberikan post test melalui google formulir, serta memberikan motivasi agar para siswa atau peserta pelatihan mau mengaplikasikan pengetahuan yang sudah didapatkan

Siswa mempresentasikan hasil penugasannya
Siswa mempresentasikan hasil penugasannya

Para mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan turun lapangan ini berharap, setelah diadakannya kegiatan pelatihan ini para siswa mampu menerapkan kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja maupun perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga berharap siswa dapat membuat strategi pengelolaan karir yang lebih efektif dan dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja maupun organisasi.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, mahasiswa mendapat tanggapan positif, serta dukungan dari guru dan para siswa. Hal ini diungkapkan siswa melalui formulir evaluasi, yang menuliskan jika pemberian pelatihan  sangat bermanfaat untuk membantu mereka dalam menentukan karir setelah lulus dari SMA kedepannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun