Mohon tunggu...
Timothy Eugene
Timothy Eugene Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog

Menulis, berpikir, merenung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sehari Berproses dalam Geladi Hominisasi

22 Maret 2022   14:49 Diperbarui: 22 Maret 2022   15:01 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo semua perkenalkan nama saya Timothy Eugene. Saya merupakan salah satu peserta geladi Hominisasi yang diadakan oleh universitas katolik parahyangan. Hominisasi sendiri berasal dari kata "homo" yang berarti manusia. Dalam geladi Hominisasi, kita akan berproses satu sama yang lain sesama manusia. Tugas pra geladi sendiri berisikan mengenai lagu "Indonesia Raya" dalam 3 stanza. Saya pribadi telah mendengar lagu kemerdekaan kita semejak berada pada bangku SMA yang diperkenalkan oleh almarhum guru PKN saya. Mendengar tugas tersebut diperkenankan untuk mendengarkan kembali, membuat memori lama tumbuh kembali bersama almarhum guru PKN. Beliau merupakan sosok yang sangat menyenangkan untuk mengajar pelajaran yang dianggap kebanyakan siswa "membosankan", tapi beliau mengubah cara lama dengan sebuah cara agar lebih menyenangkan dan diminati siswa yang diajar beliau. Kembali dengan tugas pra geladi, menurut saya pada kalimat:

"Indonesia, tanah pusaka, 

P'saka kita semuanya, 

Marilah kita mendoa, 

Indonesia bahagia

hal tersebut sangat bermakna untuk keadaan Indonesia saat ini. Sebagaimana pun konflik yang dihadapi bangsa kita, Indonesia merupakan tanah milik kita bersama. Segala perpecahan harus diubah menjadi sebuah persatuan dan selalu ingat untuk membawa Tuhan untuk turut campur tangan atas persoalan yang dihadapi bangsa kita agar terus bahagia. Tugas tersebut sebagai tiket saya untuk mengikuti kegiatan pada hari-h geladi Hominisasi.

Acara geladi dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia 3 stanza lalu disambung dengan mars UNPAR. Selama acara tersebut dilakukan berbagai macam mata acara, dari pejelasan materi kita sebagai manusia, kemudian game dalam bentuk kuis, berikut merupakan foto saya memenangi kuis tersebut:

messageimage-1647755250454-62397e5dd69ab336522eb603.jpeg
messageimage-1647755250454-62397e5dd69ab336522eb603.jpeg
Selanjutnya terdapat presentasi yang dibuat secara kreatif lalu kesimpulan dari geladi hari tersebut. Dalam acara tersebut saya berproses bersama-sama dengan mahasiswa lainnya yang belum saya kenal sebelumnya, namun saya dapat bertukar kontak dan melakukan talk show bersama dengan menyenangkan karena kita memiliki tujuan bersama yaitu membuat pendengar terhibur, mendapat informasi dan memenangi pertandingan presentasi. Namun sayangnya kelompok saya terbatas oleh karena waktu sehingga banyak informasi yang ingin disampaikan terpaksa harus dipotong. Sayang sekali kelompok kami tidak menang, namun saya tetap bersyukur memiliki teman-teman baru dan bekerja sama dengan baik. Berikut merupakan virtual background yang kelompok kami gunakan selama presentasi:

whatsapp-image-2022-03-20-at-10-03-21-62397d1ad69ab37f1b056832.jpeg
whatsapp-image-2022-03-20-at-10-03-21-62397d1ad69ab37f1b056832.jpeg
Begitu banyak manfaat yang saya dapat temukan selama saya berproses. Saya terlatih untuk bercengkrama dan bekerja sama dalam tim dengan orang-orang baru yang saya temui dan kenal, dengan latar belakang yang berbeda-beda dan daerah asal yang berbeda dengan saya. Saya terlatih untuk berani berbicara di depan banyak orang dengan materi yang saya sampaikan. Kemudian, mengetahui lebih lanjut budaya Indonesia yang dimiliki bangsa kita agar tidak hilang oleh perkembangan digital. Hal-hal tersebut dapat saya terapkan lebih lanjut pada kehidupan sehari-hari maupun selama saya berproses dalam perkuliahan. Terimakasih telah membaca sampai habis, salam Pancasila!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun