Mohon tunggu...
Timbul sahala tua Hutabarat
Timbul sahala tua Hutabarat Mohon Tunggu... mahasiswa -

timbul sahala tua hutabarat adalah anak bungsu dari keluarga besar hutabarat yang saat ini sedang mengenyam pendidikan tinggi di salah satu universitas di indonesia ini yang masuk dalam fakultas fisip yaitu sosiologi hukum. thanks.:)

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Sumatera Utara: Budaya yang Unik Menjadi Penarik Hati

24 Oktober 2015   15:34 Diperbarui: 24 Oktober 2015   23:34 388
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak lain lagi dengan Sumatera utara, provinsi yang terkenal degan pesona alamnya yang turut serta membanggakan Pesona Indonesia di kanca dunia dan juga menjadi tanah leluhur kakek/nenek serta orang tua saya. setiap akhir tahun di bulan desember saya dan keluarga saya selalu berlibur dan menikmati destinasi alam di pulau samosir yang penuh keunikan itu.

sampai saat ini saya sangat bangga menjadi putra kelahiran daerah yang luar biasa itu. Tempat wisata yang banyak, serta budaya-budaya yang sangat kental di lingkungan masyarakatnya, membuat saya ingin selalu berada disana. Namun, setidaknya saya pernah merasakan langsung itu semua sekarang saya sudah tinggal di jawa dan hanya tinggal moment yang tak terlupakan dan  hanya dapat merasakan keindahan itu lagi  di hari libur dan pulang kekampung halaman. rasanya tak mau segera beranjak ketika aku menatap tumpukan foto dulu di laptop.

kota bermartabat dan terkenal dengan adat budaya ini membuat para pengunjung lokal maupun manca-negara terpikat dan betah tinggal disana. terbukti degan semakin banyaknya wisatawan yang bermukim di pinggiran Danau Toba bahkan telah berkeluarga dan menikah dengan masyarakat sekitar.

Menariknya, ketika saya berkunjung ke Danau Toba, saya melihat indahnya anugrah sang pencipta dan paling membuat saya heran dan menganjungkan jempol adalah budaya daerahnya yang khas dan lain dari yang lain. masyarakat disana sangat hormat terhadap leluhurnya. dimana di daerah sumatera banyak bangunan megah yang unik dan bervariasi yang penuh degan ornamen-ornamaen. ketika saya bertanya kepada ayah saya, pak itu bangunan mewah yang banyak kita lewatin menuju Danau Toba sengaja dibuat untuk memperindah yah pak??? tanyaku penasaran si ayah menjawab tidak nak itu adalah bagunan leluhur keluarganya. aku semakin penasaran dan terus bertanya kepada ayah. sang ayah menjelaskan degan seriusnya. sekarang aku paham. jadi ternyata bangunan itu namanya TUGU yang berarti monumen atau bangunan leluhur marganya. berarti  sangat banyak TUGU di Sumatra Utara dimana marga saja cukup banyak dan semuanya itu memiliki tugu masing masing.

 

                                    [caption caption="pesona sopo guru tatea bulan di sianjur mula-mula (dok.pri)"]

sopo guru tatea bulan  berada di Sianjur Mula-Mula dan dari sana di yakini asal muasal marga marga masyarakat batak. wah sungguh sangat menakjubkan dan uniknya daerah ku ini. maka degan itu berkembanglah marga-marga dan membuat tugu masing masing yang tersebar di sumatra utara. seperti halnya marga saya marga Hutabarat memiliki tuga yang megah nan indah didaerah Tarutung, Tapanuli Utara.

                                       [caption caption="pesona tugu SI RAJA NABARAT di tarutung, tapanuli utara"]

 

wah kren bangat Tugu leluhur marga hutabarat ini. bangga menjadi marga Hutabarat. lambang Tugu HUTABARAT yang di atas bersimbolkan tangan meminta diatas tugu memiliki arti yang sangat bermakna dimana menunjukkan meminta berkat dari sang pencipta dan tetap percaya pada sang pencipta. 

begitu jugalah degan marga yang lain memiliki tugu masing-masing. di samping Tugu itu salah satu yang tren dan terkenal di budaya batak yaitu ULOS. Ulos Batak tak asing lagi diyakini memiliki banyak manfaat yang banyak di gunakan baik acara pesta maupun upacara adat.

                                                           [caption caption="koleksi ulos batak sang bunda"]

masyarakat batak patut senang dengan budayanya,ditambah lagi degan di jadikannya hari ulos nasional yang kemarin baru di resmikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun