Sumber : Serangkab.info
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses inovasi yang dilakukan oleh PT. Citosarana Jasapratama (Cito) dalam mengembangkan layanan baru yang disebut Mailing Control Management dan mengkaji faktor-faktor keberhasilan di balik layanan baru ini.Â
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cito telah melakukan beberapa proses dalam mengembangkan layanan barunya. Pertama, Cito menganalisis nilai pelanggan untuk lebih memahami preferensi mereka terhadap layanan baru ini, kemudian mempelajari apakah layanan baru ini masih memiliki pasar yang menjanjikan.Â
Mereka melanjutkan proses dengan menghasilkan ide tentang bagaimana layanan baru ini harus dirancang dan memilih ide yang paling menjanjikan. Cito menjalani analisis bisnis yang menyeluruh untuk melihat apakah layanan baru ini menguntungkan bagi perusahaan, kemudian, mereka C ke pasar.
Kata kunci: inovasi, pengembangan layanan baru
PENDAHULUAN
Industri kurir dan kargo Indonesia adalah salah satu isu yang menarik untuk dibahas, dengan karakteristik aktivitas bisnis yang sederhana industry ini dapat menarik minat para pelaku bisnis untuk berkecimpung dalam jenis bisnis ini. Aktivitas utama dalam bisnis ini adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengiriman barang dan dokumen pada alamat yang diinginkan oleh pengguna jasanya. Walaupun demikian, karak teristik aktivitas bisnis yang sederhana tersebut telah membuat bisnis ini menjadi bisnis dengan lingkungan yang sarat dengan nuansa kompetisi tinggi. Faktor lain yang menjadi daya tarik dan perhatian para praktisi bisnis di industry ini adalah permintaan (demand) yang kuat dan stabil.
Melihat kompetisi yang kian ketat, perusahaan dalam industri kurir dan kargo harus menyadari bahwa mereka harus beradaptasi dengan perubahan-perubahan dalam lingkungan bisnis ini dengan melakukan langkah inovasi yang berkelanjutan. Untuk dapat menang dan bertahan dalam pasar yang penuh persaingan, innovasi memegang peran yang sangat vital, Cravens dan Piercy (2009) menyatakan bahwa innovasi menciptakan keuntungan bersaing bagi perusahaan dan nilai untuk para konsumen.Â
Tidak mudah untuk mengimplementasikan innovasi di dalam perusahaan, walaupun perusahaan sudah memahami betapa pentingnya innovasi; mereka masih harus berurusan dengan masalah-masalah yang menjadi batu sandungan dalam perjalanannya. Srinivasan (2004) menyatakan bahwa kegagalan pada produk baru masih dalam tingkatan yang tinggi, tertama dalam lingkungan bisnis yang memiliki kompetisi yang tinggi.
LANDASAN TEORI
Innovasi dan Strategi Produk Baru.