Bosan dengan suasana kelas… Mungkin ini yang saya tangkap dari wajah-wajah mereka, anak didikku siang ini. Suasana yang panas… Kelas yang agak gelap… gerah…dan entah apa lagi. Saya menangkap ketidak nyamanan pada diri anak-anak siang ini. Sehingga saya berinisiatif untuk belajar di luar kelas. Kebetulan materi yang sedang dipelajari adalah tentang seni terapan. Maka saya menyuruh anak untuk menyiapkan sebuah pot bunga yang ada di teras kelas untuk dijadikan objek gambar mereka. Kali ini saya memanfaatkan waktu belajar menggambar mereka di luar kelas. Saya mencoba memanfaatkan teras kelas menjadi tempat belajar menggambar. Saya bebaskan mereka menempati tempat-tempat disekitar objek yang sudah ditentukan.
Mereka segera menempatka diri mencari tempat yang nyaman bagi mereka untuk menggambar. Kali ini mereka menggambar benda yang termasuk kedalam kelompok benda seni terapan/seni kriya, dengan pendekatan obyek. Hasilnyaanak-anak terlihat senang, karena mungkin mereka merasa jenuh berada di kelas. Dengan ditemani hembusan angin sepoi-sepoi dan suasana yang tiba-tiba mulai mendung sehingga suasananya sangat cocok melakukan kegiatan di luar ruangan. Dan karena suasana yang tidak seperti biasa inilah anak-anak sangat menikmati kegiatan mereka. Meski belum bisa mendekati objek aslinya (belum sesuai kenyataan) namun usaha ini cukup member suasana “refresing” bagi mereka. Alhasil… tugas yang mereka kerjakan tepat pada waktunya. Bertepatan dengan bel bunyi tanda usai sekolah, gambar mereka juga selesai.
Kegiatan seperti ini memang harus dilakukan sebagai penyegaran suasana agar anak tidak merasa jenuh, apalagi bagi anak-anak yang “kurang” mampu dalam menangkap pelajaran teori. Sungguh ini merupakan cara jitu untuk mengajak anak menjadi lebih berkreasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H