Mohon tunggu...
Tias ChandrikaDamayanti
Tias ChandrikaDamayanti Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Fashion, Make up

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kesejahteraan Emosional

28 Oktober 2023   11:46 Diperbarui: 28 Oktober 2023   12:28 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan mental itu penting, terutama bagi saya. Kesehatan mental yang baik dapat memiliki dampak positif pada kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang mahasiswa, saya seringkali menghadapi tekanan akademik yang tinggi, jadwal yang padat, dan tuntutan sosial. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental menjadi kunci untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

Kesejahteraan emosional dan mental yang sehat adalah landasan yang kuat untuk mencapai kesejahteraan secara menyeluruh. Sebuah pikiran yang sehat memberikan dasar bagi keputusan yang baik, hubungan yang positif, dan produktivitas yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kesehatan mental diperhatikan, seseorang cenderung lebih mampu mengatasi tantangan, mengelola stres, dan mempertahankan hubungan yang sehat. Ini juga membuka pintu untuk meningkatkan rasa percaya diri, memahami dan mengelola emosi dengan baik, serta menumbuhkan ketahanan mental.

Kesehatan mental memiliki dampak yang sangat besar terhadap kualitas hidup. Kesehatan mental yang baik tidak hanya memengaruhi bagaimana saya merasa secara emosional, tetapi juga bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Jadi, merawat kesehatan mental adalah investasi penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan memastikan bahwa Anda dapat menghadapi kehidupan sehari-hari dengan ketangguhan dan optimisme.

Cara paling penting versi saya untuk menjaga kesehatan mental adalah memikirkan hal yang baik dan selalu berfikir bahwa hari esok dan seterusnya saya akan lewatkan dengan baik. Saya juga selalu mencoba berhenti peduli dengan omongan orang lain yang membuat saya jatuh. Adapula cara yang biasanya saya pakai untuk menjaga kesehatan mental, yaitu:

1. Olahraga: Menurut saya aktivitas fisik dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Saya biasa lari atau bersepedah di sore hari sambil mendengarkan musik dan itu terbukti membuat hati saya tenang. Olahraga menurut saya juga membantu merelaksasi otot-otot tubuh dan mengalihkan perhatian dari masalah sehari-hari.

2. Cerita: Saya merasa jika cerita adalah suatu hal yang penting, cerita juga sangat membuat tenang dan aman apalagi dengan orang terdekat seperti orang tua, pacar, sahabat. Bisa sharing dan menerima saran apa yang harus dilakukan seanjutnya jika saya merasa down. Mendapatkan sudut pandang baru, dan mendapat dukungan. Mereka dapat memberikan nasehat, pemahaman, atau sekadar mendengarkan tanpa menghakimi. Cerita tentang masalah juga bisa memperkuat ikatan emosional saya dengan orang-orang terdekat. Ini menciptakan hubungan yang lebih mendalam dan memperkuat rasa saling percaya. Saya tidak ragu untuk membuka diri dan berbagi dengan orang-orang yang saya percayai ketika saya merasa membutuhkan dukungan.

3. MeTime: Biasanya juga saya selalu meluangkan waktu untuk menonton film sendiri, berjalan-jalan sendiri, memasak makanan yang belum pernah dimasak sebelumnya, dengerin musik. Hal ini sangat penting menurut saya karna hari hari sebagai mahasiswa melelahkan dan pastinya butuh hiburan, ketenangan dan hal yang baru. Dalam momen ini saya bisa merenungkan pikiran, perasaan, dan tujuan hidup saya tanpa gangguan dari luar. Ini dapat membantu saya mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang diri saya sendiri. Ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan menghadapi tugas sehari-hari dengan lebih baik.

4. Main Dengan Orang Terdekat: Selain Me Time pastinya harus ada waktu juga untuk bermain bersama keluarga, pacar, sahabat dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan kesepian. Menurut saya menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat dapat memperkuat hubungan emosional. Menghabiskan waktu berkualitas bersama orang terdekat selama jalan-jalan dapat menciptakan kenangan indah. Kenangan ini dapat memberi saya pengalaman positif yang bisa saya pandang kembali saat saya merasa sedang dalam suasana hati yang buruk. Bermain bersama orang terdekat memiliki banyak manfaat sosial, emosional, dan psikologis. Melalui interaksi dengan orang terdekat, saya dapat belajar merasakan dan memahami perasaan orang lain, membangun rasa empati yang mendalam, membantu dalam mengelola emosi, mengatasi kecemasan sosial, dan membangun rasa percaya diri dalam situasi sosial. Mereka bisa membantu Anda melewati masa sulit, memberikan nasihat, atau bahkan sekadar mendengarkan. Maka dari itu bermain atau bertemu dengan orang terdekat ketika saya sedang down adalah pilihan paling tepat.

5. Terima Diri Sendiri: Bangun kepercayaan diri dan terima diri apa adanya. Setiap orang unik, dan keberagaman adalah hal yang alami. Tidak membiarkan pandangan atau penilaian orang lain mendefinisikan harga diri saya. Saya adalah individu yang berharga tanpa memandang pendapat orang lain. Menerima diri sendiri dengan penuh kesadaran mengenai hal-hal yang tidak dapat diubah adalah langkah penting menuju kedamaian batin.

Kesehatan mental bagi saya bukanlah sesuatu yang statis. ia adalah dinamis dan berada dalam perubahan sepanjang waktu. Saya menghadapi stres pada satu waktu, tetapi kemudian menemukan cara untuk mengatasi dan pulih. Merawat kesehatan mental saya melibatkan kesadaran terhadap perasaan dan pikiran saya, mencari dukungan ketika diperlukan, dan mengambil langkah-langkah untuk menjaga keseimbangan emosional dan psikologis saya. Ini adalah proses yang berkelanjutan yang membutuhkan perhatian dan perawatan rutin, sama seperti kesehatan fisik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun