Mohon tunggu...
Tiara Rahma Sari
Tiara Rahma Sari Mohon Tunggu... -

menyukai manga dan semua hal yang menarik

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Pasar Musik Jepang (Physical Vs Digital = Idol-act Vs Non Idol act)

24 Juni 2013   13:10 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:30 302
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Di era digital sekarang ini pasar musik Jepang bisa dibilang "anomali" dalam pasar musik dunia.

Jepang merupakan pasar musik terbesar ke-2 di dunia ( physical+digital ) dan pasar musik no.1 di dunia ( Physical market ).

http://www.digitalmusicnews.com/research/worldrevenues2012-1.jpg

Apabila dicermati, physical market lebih di dominasi oleh idol-act :


  • Tahun 2012 :


http://www.tokyohive.com/article/2013/01/akb48-tops-oricons-yearly-market-report-total-sales/

http://www.tokyohive.com/article/2012/12/oricon-reveals-their-yearly-album-ranking-for-2012/

http://www.tokyohive.com/article/2012/12/oricon-reveals-their-yearly-single-ranking-for-2012/


  • Tahun 2013 :


http://www.tokyohive.com/article/2013/06/arashi-tops-total-sales-dvd-sales-categories-in-oricons-first-half-of-2013-ranking

http://tokyohive.com/article/2013/06/oricon-album-chart-for-the-first-half-of-2013

http://www.tokyohive.com/article/2013/06/oricon-single-ranking-for-the-first-half-of-2013

Bagaimana dengan digital market? Digital market lebih bervariasi dan tidak didominasi oleh idol-act. Seperti yang terlihat di salah satu situs musik digital terpopuler  RECOCHOKU,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun