Mohon tunggu...
Tiara Lisania Sidqia
Tiara Lisania Sidqia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Senang dengan konten terkait dengan anak usia dini, dan tertarik untuk meneliti anak gifted di Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Gifted

16 November 2023   15:40 Diperbarui: 16 November 2023   15:57 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Perkembangan sosial emosional yang baik perlu dimulai dari dalam rumah, sekolah, dan lingkungan tempat tinggal. Sehingga apabila sosial emosional anak gifted berkembang dengan baik, anak gifted dapat diterima dengan baik dalam pertemanan, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, serta mampu mengekspresikan emosinya dengan baik. 

Peran orang tua dalam mengembangkan sosial emosional anak gifted sangat penting, terkait dengan bagaimana orang tua mendidik dan memenuhi kebutuhan anak gifted terutama dalam aspek sosial emosionalnya. Begitu juga dengan peran guru di sekolah, diperlukan adanya kolaborasi antara orang tua di rumah dan guru di sekolah untuk menyediakan lingkungan yang mendukung dalam mengembangkan sosial emosional anak gifted.

Hal ini dikarenakan anak gifted mengalami berbagai permasalahan sosial emosional seperti kesulitan dalam berkomunikasi dan mengimbangi pembicaraan teman sebayanya, serta mereka kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya karena memiliki kemandirian yang cukup tinggi, kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Permasalahan emosional juga dapat dihadapi anak gifted seperti depresi, rasa bersalah, perasaan tidak mampu, dan kesulitan untuk beradaptasi pada lingkungan baru sehingga akan merasa kesepian.

Website https://proteq-edu.com menyediakan layanan untuk orang tua yang berisi infografis terkait dengan tips, cara, strategi yang dapat orang tua lakukan dalam mengembangkan sosial emosional anak gifted.

Layanan bagi guru juga tersedia, yaitu berupa lesson plan yang dapat diaplikasikan oleh guru dalam pembelajaran untuk mengembangkan sosial emosional anak gifted.

Bronfenbrenner menjelaskan dalam teori ekologi bahwa individu dan lingkungan berkontribusi besar dalam proses interaktif yang terjadi untuk membentuk sosial emosional anak,baik itu lingkungan keluarga, teman sebaya, atau lingkungan tempat tinggal anak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun