Salam Guru Penggerak!
Bergerak, Tergegak, Menggerakkan....
Saya Tiara Agusta Sari, saya merupakan Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Lampung dari SD Negeri 07 Kota Alam, Desa Alam Jaya Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara, saya menulis untuk berbagi pengalaman melalui jurnal dwi mingguan ke 2 ini. Jurnal refleksi dwi mingguan ini dibuat setiap dua minggu dan digunakan sebagai sarana refleksi Calon Guru Penggerak selama mempelajari sebuah modul. Dalam pemaparan jurnal 1.2 kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya selama proses mempelajari modul 1.2 tentang Nilai- Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Pada kesempatan yang baik ini, saya akan berbagi pengalaman selama proses mempelajari Modul 1.2 yaitu tentang Nilai- nilai dan Peran Guru Penggerak. Tulisan/jurnal pengalaman ini merupakan refleksi diri setelah saya mengikuti kegiatan pendidikan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan.
Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).
Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.
1. Facts (Peristiwa)
Pada hari senin 1 April 2024 Â saya mulai mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Saya mempelajari modul 1.2. dengan alur MERDEKA, yakni:
a. Mulai dari Diri
Saya mulai mempelajari modul 1.2. dengan membuka tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk membuat trapesium usia dan saya juga melakukan refleksi dengan menjelaskan isi dari trapesium usia yang sudah saya buat. Selain itu, saya juga memaparkan tentang peran saya sebagai guru penggerak.