Mohon tunggu...
Tia Nurul Afifah
Tia Nurul Afifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ayo keliling dunia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Pilihan Rasional: James Samuel Coleman

20 Oktober 2022   07:32 Diperbarui: 20 Oktober 2022   07:33 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkenalkan, saya adalah seorang anak yang terlahir di sebuah kabupaten kecil di Jawa Tengah. Tidak hanya itu, rumah saya juga terletak di desa pinggiran kabupaten tersebut. Letak Geografis yang demikian, membuat perkembangan lingkungan sosial yang saya tinggali masih berkembang secara lambat, baik itu dalam hal teknologi, budaya, norma dan sebagainya. Dengan rasa ingin tahu yang kuat, sejak kecil saya memiliki cita-cita untuk berkeliling dunia. Tetapi apakah mungkin, seorang anak yang terlahir dengan kondisi ekonomi pas pasan dengan orang tua petani, mampu mewujudkan cita-cita tersebut. Pikiran itu selalu ada dalam benak saya ketika memikirkan cita-cita tersebut. Walaupun keluarga kami digolongkan sebagai keluarga menengah ke bawah, tetapi kedua orangtua saya tetap membebaskan anak-anaknya dalam memilih pendidikan. Justru kedua orang tua saya memiliki harapan agar semua anaknya minimal lulus S1. Tetapi apalah daya, kakak saya sebagai anak pertama tidak mau melanjutkan pendidikanya ke jenjang S1. Akhirnya harapan orang tua saya dialihkan kepada saya dan adik, karena kita adalah tiga bersaudara. Dengan berbekal rasa ingin tahu dan harapan orang tua, maka sejak SMP saya memutuskan untuk jauh dari rumah. Pertama ketika saya SMP, saya keluar dari kecamatan dan bersekolah di kecamatan yang jaraknya sekitar 11 km dari rumah. Kedua, ketika saya SMA, saya bersekolah di kabupaten tetangga yang jaraknya sekitar 25 km. Ketiga ketika Kuliah, saya memilih untuk melanjutkan di provinsi tetangga yaitu D.I. Yogyakarta. Keputusan yang saya ambil tentu saja telah melalui berbagai pertimbangan yang rasional dengan kedua orang tua. Kejadian ini sejalan dengan Teori Pilihan Rasional James Samuel Coleman.

James Samuel Coleman merupakan salah satu tokoh yang sangat berjasa dalam bidang sosiologi. Ia lahir di Bedford, Indiana pada tahun 1926. Pada tahun 1955 ia meraih gelar Ph.D dari Columbia University. Satu tahun selanjutnya ia memulai karir  sebagai profesor asisten di Universitas Chicago lalu pundah ke Universitas John Hopkins selama 14 tahun. Tetapi pada akhirnya ia kembali lagi ke Universitas Chicago sampai ajal menjemputnya.

Salah satu bukunya yang terkenal adalah Foundations of Social Theory (1990) yang didasarkan pada teori pilihan rasional. Tidak hanya itu James Coleman juga menuliskan jurnal yang berjudul Rationality and Society yang bertujuan menyebarkan perspektif pilihan rasional.. James Coleman juga pernah menjabat sebagai presiden the American Sociological Association 1992, yang dimanfaatkannya untuk memajukan perspektif pilihan rasional dan dinamainya The Rational Reconstruction of Society.  

Dalam gagasan dasar Teori pilihan rasional Coleman menyebutkan bahwa tindakan individu mengarah pada suatu tujuan. Dimana tujuan tersebut ditentukan oleh nilai dan preferensi (pilihan). Dalam teori pilihan rasional, James Coleman berusaha menjelaskan fenomena level makro melalui level mikro. Teori ini memiliki dua unsur utama yaitu aktor dan sumber daya. Aktor merupakan orang yang mengambil tindakan yang dapat memaksimalkan kegunaan atau memenuhi kebutuhan mereka. Sumber daya merupakan sesuatu yang menarik perhatian dan dapat dikontrol oleh aktor. Sumber daya dalam teori ini juga dapat diartikan sebagai potensi yang ada atau bahkan dimiliki. Sumber daya disini dapat berupa sumber daya manusia ataupun sumber daya alam. Dalam mengambil sebuah tindakan pastinya aktor memiliki tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut, aktor menggunakan pertimbangan logika yang mendalam berdasarkan kesadaranya. Adanya sumber daya yang dapat dikendalikan oleh aktor ini kemudian memunculkan sistem. James Coleman menyebutkan bahwa sistem dapat terbentuk dari aktor terkecil yaitu individu. Ketika ada dua individu yang saling bekerjasama dimana hal tersebut akan membentuk tindakan-tindakan sistematis, hubungan ini berarti mikro ke makro. Coleman juga menjelaskan mengenai hubungan makro ke mikro yaitu dengan menjelaskan bagaiman sistem yang telah terbentuk membatasi orientasi aktor.

Sumber :

Ritzer, George-Douglas J Goodman. 2012. Teori Sosiologi Modern. (Alimandan,Pentj.). Jakarta : Kencana Prenada Group.

Candra, Tanti. "Aktor dalam Timbangan Pilihan Rasional". Sangla Institute. https://www.sanglah-institute.org/2018/09/aktor-dalam-timbangan-pilihan-rasional.html?m=1. Diakses pada 19 Oktober 2022 pada 18.21

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun