MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI KELAS VI SD NEGERI 005 PUNGKAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Â
Tia Resti Noviar. SDN 005 Pungkat, Desa Pungkat Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. tiaresti190@gmail.com
Abstrak
Berdasarkan data yang diperoleh bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan, hasilnya adalah sebanyak 40% siswa memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditentukan, sehingga dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 005 Pungkat masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning menggunakan dua aksi. Subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa.Â
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yakni siswa yang memenuhi KKM pada aksi I sebesar 40% dan pada saat aksi II meningkat menjadi 84% siswa dengan rata-rata nilai sebesar 83,20. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa model pembelajaran Project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri 005 Pungkat tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta didik.
Kata kunci: hasil belajar, project based learning
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI KELAS VI SD NEGERI 005 PUNGKAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Â
Â
Tia Resti Noviar. SDN 005 Pungkat, Desa Pungkat Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. tiaresti190@gmail.com