BANDUNGÂ - Pasanggrahan merupakan salah satu daerah yang bertepatan di Bandung, Jawa Barat dengan jumlah penduduk yang paling banyak dibandingkan empat daerah lainnya dalam lingkup Kecamatan Ujungberung. Â di daerah ini merupakan pelaku UMKM yang didominasi oleh usaha kuliner.
Dalam wawancara yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022, Bandung, Rabu (20/7/2022), Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial dan Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Pasanggrahan menjelaskan masih banyak pelaku UMKM di bidang kuliner yang belum berkembang di Era Digital, mereka hanya memanfaatkan kondisi yang ada tanpa ada usaha untuk memajukan UMKM mereka sendiri karena adanya berbagai kendala dan keterbatasan yang dirasa oleh para pelaku UMKM terutama dalam bidang teknologi.
Kendati demikian, pelaku UMKM di Pasanggrahan memiliki potensi yang cukup besar dalam memajukan perekonomian lokal. Bersamaan dengan itu, KKN Tematik UPI 2022 Kelompok 52 mencanangkan program kerja unggulan sebagai solusi dalam melakukan penguatan strategi pemasaran pada para pelaku UMKM lokal dengan mengadakan kegiatan Seminar, Pelatihan, dan Pendampingan dalam Mengembangkan UMKM di Era Digital dengan Meningkatkan Visualisasi Produk dan Pemasaran di Media Sosial.
Pengadaan kegiatan ini dilaksanakan secara gratis bagi para pelaku UMKM yang diadakan dalam tiga waktu yang berbeda. Kegiatan pertama merupakan acara "Seminar dan Pelatihan dalam Mengembangkan UMKM melalui Pemberdayaan Karang Taruna" yang dilaksanakan pada hari Senin (25/7/2022) secara luring dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Aula Kantor Kelurahan Pasanggrahan dan diikuti oleh 31 peserta yang merupakan sasaran kegiatan yaitu para pelaku UMKM, Karang Taruna, dan PKK Kelurahan terkait.
Dalam kegiatan seminar dan pelatihan ini terdapat dua pemateri yang merupakan mahasiwa/i Universitas Pendidikan Indonesia (Husain Rabbani dan Thyta Medina), dan satu diantaranya merupakan peserta KKN Tematik UPI 2022. Pematerian ini menjelaskan hal-hal yang dibutuhkan dalam membangun UMKM, menjelaskan beberapa komponen penting dalam mempromosikan suatu produk dengan memanfaatkan media sosial, menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang baik di media sosial melalui beberapa komponen tersebut, dan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan visualisasi produk yang baik sehingga dapat memajukan UMKM di era digital.
Para pelaku UMKM dan seluruh peserta yang hadir dalam acara tersebut dijaring ke dalam grup whatsapp yang disediakan oleh Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 agar terjalin komunikasi yang berkelanjutan. Dalam grup whatsapp ini, mahasiswa memberikan berbagai konten yang dapat mengedukasi dan memajukan para pelaku UMKM tentang bagaimana strategi pemasaran yang dapat dilakukan di media sosial.
Seminar dan pelatihan ini dilakukan karena Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 ingin memajukan UMKM di Pasanggrahan dengan jalan menguatkan strategi pemasaran mereka di media sosial agar mampu bersaing lebih luas dan nyata dan juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. Selain itu, kegiatan selanjutnya merupakan pendampingan secara langsung kepada dua pelaku UMKM (Dapur Sanie dan Jajanan Pak Dalang). Kedua pelaku UMKM ini merupakan seorang Ibu Rumah Tangga yang merintis usaha kuliner.